Alasan Apple Tidak Memproduksi Smartphone Murah

By on March 16, 2014
iOS 7.1 Bermasalah di Bluetoot tapi Aman dari jailbreak

Belakangan ini banyak sekali yang menyarankan Apple supaya mereka memproduksi smartphone dengan harga yang terjangkau. Dan bukan Cuma itu, bahkan salah seorang pendiri Apple sendiri, Steve Wozniak, ternyata menyarankan untuk Apple segera memproduksi ponsel pintar dengan harga yang terjangkau. Akan tetapi, sebenarnya apa alasan Apple tak kunjung mau mendengarkan saran produk terjangkau tersebut?

Dibalik smeua itu, ternyata Apple punya alasan sendiri mengapa sampai saat ini tetap membuat iPhone baru dengan harga yang super mahal dan masih tetap mempertahankan model iPhone yang lama. Selidik demi selidik, ternyata setiap kali iPhone baru diperkenalkan ke publik, ternyata Apple akan selalu memberikan update sistem operasi untuk iPhone model lama supaya performa produk tersebut bisa mengikuti perkembangan jaman yang terjadi saat itu.

Karena alasan itulah Apple sendiri berharap bahwa iPhone model lama yang sudah diberi update tersebut akan maish tetap menarik perhatian para konsumen, sehingga barang abru laku terjual dan bara lama masih diminati konsumen.

Bukan Cuma isapan jempol, bahkan untuk melakukan hal tersebut kabarnya Apple telah memiliki paten teknologi khusu untuk meningkatkan performa perangkat lamanya tersebut. Seprti dikutip dari BGR, pihak  Apple telah mendeskripsikan paten tersebut sebagai sebuah teknologi modifikasi berdasarkan parameter yang didapatkan dari perangkat lamanya. Dan kabarnya paten tersebut telah didaftarkan sejak tahun 2011 yang lalu.

Dalam hal teknologi, ternyata teknologi Apple itu mampu mempelajari efek penggunaan perangkat dalam jangka lama dan akan terus memonitor sirkuit internalnya tersebut. Setelah konsumen mendapatkan informasi yang cukup bagi mereka, maka tentu saja Apple akan langsung memodifikasi sistem operasi agar mereka sesuai dengan kondisi perangkat terkini yang dikeluarkan oleh pihak Apple.

Menurut beberapa informasi yang masih dipantau Apple antara lain adalah lokasi dan bagaimana kondisi cuaca yang tentu saja bisa memengaruhi perangkat tersebut. Selain itu juga, intensitas penggunaan perangkat juga akan turut dipantau sebagai langkah pemeliharaan, seperti ketika pengguna sedang bermain game yang bisa saja menguras daya tahan baterai default dari produk Apple.

Dengan cara memonitor parameter-parameter tertentu dalam produknya tersebut, maka tentu saja Apple bisa mempelajari kondisi iPhone lama dan juga mampu memberikan update yang tepat dalam sistem operasi mereka tersebut. Sebagai contohnya saja, update iOS 7.1 yang sudah diluncurkan pihak Apple baru-baru ini yang diklaim bisa meningkatkan performa iPhone 4 dan generasi diatasnya.

Sebagai tambahan informais. Pihak Apple sebenarnya telah menyediakan iPhone dengan harga yang murah, yaitu iPhone 4 yang sampai kini masih terus dipasarkan pihak Apple, termasuk di Indonesia. Dan produk ini merupakan salah satu strategi Apple untuk terus bersaing dengan kompetitor lain di negara berkembang.

3. Update iOS 7.1 Ternyata Bisa Juga Untuk iPhone Jadul  1

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *