7 Tips Menghindari Malware Bagi Pengguna iPhone

By on April 24, 2014
2.5tipsterhindarmalwareiphone1

Sudah sejak awal diluncurkan, iPhone terkenal bebas dari malware. Segala jenis virus yang biasa menjangkit sistem operasi lain seperti Android tidak bisa masuk ke dalam iPhone. Tidak hanya iPhone, segala jenis produk keluaran Apple juga tahan terhadap malware, walaupun dimasuki perangkat ekternal yang terkena malware, malware tersebut tidak akan bisa masuk ke dalamnya.

Namun belakangan ini ada berita mengejutkan dari dunia teknologi. Sebuah malware berhasil menjangkit operation system dari Apple, lebih tepatnya ke dalam iPhone. Malware tersebut mencoba untuk mencuri ID pemilik iPhone, dan malware ini ternyata terdapat di dalam background perangkat iOS (sistem operasi dari Apple).

Malware tersebut menyebabkan crash atau kegagalan membuka aplikasi pada saat dijalankan. Crash ini terjadi secara berulang- ulang, sehingga pemilik iPhone tersebut terpaksa harus menginstal ulang tweak dalam  iPhone- nya. Kejadian ini tentu meresahkan para pengguna iPhone lain, yang notabene sudah percaya dengan keamanan produk Apple.

Namun bagi Anda yang memiliki iPhone, Anda tidak perlu khawatir. Apple telah merilis tambalan keamanan berupa perangkat iOS 7.1. Anda yang merasa was- was hanya perlu meng- upgrade sistem operasi iPhone Anda menjadi iOS 7.1.

malware iphone, malware apple, ios, harga ipad, iphone

Walaupun begitu, hal ini tidak mengurangi kemungkinan akan adanya orang- orang “nakal” yang mencoba merusak sistem operasi Apple. Untuk menghindari terjadinya hal- hal serupa, berikut adalah tips untuk menghindari malware bagi Anda para pengguna iPhone:

  1. Unduhlah aplikasi handphone dari toko resmi. Produk Apple menyediakan App Store sebagai media pengunduhan aplikasi. Dengan jutaan aplikasi tersedia di dalamnya, pasti akan memudahkan Anda dalam memaksimalkan fungsi handphone Anda.
  2. Selalu update web browser secara rutin, karena web browser bisa menjadi pintu utama masuknya malware dan virus ke dalam sistem operasi Anda.
  3. Batasilah plugin. Selain menghindarkan iPhone dari resiko terjangkit malware, pembatasan plugin juga dapat membuat browsing Anda menjadi lebih cepat.
  4. Periksalah software update secara rutin. Pastikan hanya mengupdate melalui App Store yang sudah terbukti keamanannya.
  5. Jangan terburu- buru menginstal aplikasi. Bila menemukan software dengan nama yang aneh atau mencurigakan, lakukan riset singkat terlebih dahulu. Ingat, mencegah lebih baik daripada mengobati.
  6. Periksa referensi aplikasi, seperti nama developer- nya dan review dari pengguna lain. Review ini akan sangat berguna untuk menunjukan kualitas produk yang akan Anda unduh dan menghindarkan Anda dari penipuan serta resiko terjangkit malware.
  7. Terakhir dan paling penting, selalu perbaharui sistem operasi, karena perusahaan pengembang pasti menyediakan fitur baru yang lebih kuat terhadap malware dan tentunya lebih kompatibel.

Bagaimana? Mudah bukan? Sekian tips- tips untuk Anda agar terhindar dari jangkitan malware. Semoga berguna!

 malware iphone, malware apple, ios, harga ipad, iphone

BACA JUGA:

Pattern unlock ala Apple Segera Dipatenkan

Bocoran Tampilan Layar iPhone 6 Kembali Beredar

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *