Invasi ke Sektor Otomotif oleh Apple dan BlackBerry

By on March 10, 2014
Mercedes-Benz - Apple "CarPlay"

Rupanya ada sesuatu antara dua perusahaan yang sama-sama mempunyai nama seperti buah-buahan yaitu Apple dan BlackBerry. Kedua produsen ponsel kelas atas ini ternyata secara diam-diam telah bekerja sama  untuk mengembangkan suatu software atau aplikasi yang akan dipergunakan khusus untuk invasi ke sektor otomotif. Mereka tidak berencana membuat pabrik mobil namun kedua perusahaan ini ternyata membangun sebuah aplikasi yang nantinya akan dipergunakan dalam mobil.

Nama software yang merupakan hasil kerja sama Apple dan BlackBerry ini adalah Apple CarPlay yang merupakan sebuah aplikasi yang mirip dengan iOS namun khusus untuk Invasi ke sektor otomotif saja. Aplikasi yang dibangun oleh Apple dan BlackBerry akan berguna untuk menjalankan berbagai fungsi seperti menghubungkan iPhone dengan sistem didalam mobil sehingga bisa dipergunakan untuk menjalankan berbagai aplikasi seperti mengganti saluran radio dan perintah-perintah lain dengan mempergunakan Siri.

Software spesial yang akan dibuat oleh Apple dan BlackBerry ini dikabarkan akan mempergunakan platform QNX. Platform ini adalah satu-satunya yang dimiliki oleh BlackBerry sejak tahun 2010 yang lalu. QNX sebenarnya adalah program pintar yang memang dibuat khusus untuk mobil namun kemudian diadaptasi oleh BlackBerry menjadi platform ponsel cerdas mereka.

harga blackberry, apple, blackberry, sektor otomotif, otomotif

Sebelumnya, Blackberry telah mengadopsi QNX saat perusahaan ini memproduksi tablet Blackberry PlayBook. Namun sayang tablet buatan BlackBerry tersebut gagal dipasaran. Pada masa kini QNX telah dipergunakan untuk mengembangkan sistem operasi yang dipergunakan pada BlackBerry 10 yang jauh lebih menarik daripada versi-versi sebelumnya. Memang saat ini BlackBerry 10 jauh lebih terkenal dan laris karena fitur-fitur baru yang disematkan oleh BlackBerry pada ponsel terbarunya.

Bahkan dengan sistem operasi BlackBerry 10 kini para pemilik dan pengguna ponsel BlackBerry ini bahkan kini telah bisa menjalankan berbagai aplikasi android di Blackberry mereka. Hal ini padahal tidak pernah bisa dilakukan dengan ponsel-ponsel versi sebelumya. Namun ternyata jika para pengguna BlackBerry ingin mengadopsi aplikasi android, mereka harus mengubah ekstensi file tersebut terlebih dahulu.

Invasi ke sektor otomotif oleh Apple dan BlackBerry ini diprediksi akan berhasil sukses karena selama ini belum pernah ada aplikasi cerdas yang dipergunakan pada mobil yang bisa memberikan interaksi langsung antara pengemudi dan mobilnya. Namun dengan Apple CarPlay ini maka diharapkan sedikit-demi sedikit akan tercipta suatu konsep komunikasi dan interaksi antara pengemudi dengan mobilnya yang lebih aman dan membuat lebih nyaman sang pengemudi.

Untuk mengaplikasikan software buatan Apple dan BlackBerry ini maka Apple telah bekerja sama dengan beberapa produsen mobil terkenal untuk mengadopsi Apple CarPlay ini. Produsen-produsen mobil kelas dunia yang diajak bekerja sama dengan Apple antara lain adalah Toyota, Nissan, KIA, BMW, Hyundai, Honda, GM, dan Ford.

harga blackberry, apple, blackberry, sektor otomotif, otomotif

BACA JUGA:

Menjadikan LINE 2.0 lebih Cepat Di BlackBerry

BlackBerry Z3 ‘Jakarta’ – Smartphone Khusus Negara Berkembang

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *