Inilah Wujud Ponsel Pertama Untuk Tuna Netra

By on May 18, 2014
instruction

Selama ini kebutuhan komunikasi kaum yang punya keterbatasan fisik, khususnya orang yang mengalami kebutaan cenderung kurang terperhatikan. Padahal kalau berbicara masalah bisnis, penduduk di dunia yang mengalami kebutaan atau mengalami masalah penglihatan akut sangat banyak.

Hal inilah yang mendorong sebuah perusahaan telekomunikasi Inggris untuk menciptakan alat komunikasi khusus untuk orang yang tidak memiliki penglihatan, OwnFone (nama perusahaan tersebut) pada Jumat (16/05/2014) yang lalu mengklaim bahwa mereka telah menjual ponsel Braille pertama di dunia dan menjadi satu-satunya merek ponsel khusus tuna netra.

Secara khusus, ponsel canggih ini ditujukan bagi para tuna netra dan pengguna lain yang memiliki keterbatsan visual. Seperti dikutip dari laman BBC, ternyata walau sebelumnya sudah banyak pabrikan yang membuat ponsel dengan huruf Braille, tetapi OwnFone mengklaim sebagai pihak yang pertama kali menjual ponsel tersebut ke pasaran secara khusus.

Kalau dilihat dari segi tampilan. Desain ponsel besutan dari OwnFone sendiri terlihat sangat sederhana. Disana terlihat bagian depan dan belakang dibuat dengan menggunakan teknik cetak 3D dan bisa dikustomisasi sesuai dengan kebutuhan penggunanya. Selain itu, huruf dan tombol-tombol di keypad pun dicetak timbul dengan menggunakan huruf Braille yang selama ini menjadi alat baca para kaum tuna netra.

Selain itu, secara khusus, Tom Sunderland, yang merpakan pencipta dari ponsel braille ini mengatakan bahwa ponsel ini memiliki 3D printing yang sangat memungkinkan dan merupakan cara yang cepat dan efektif dalam membuat toombol dengan huruf Braille tersebut. Dengan ponsel ini, Tom juga mengatakan bahwa dengan adanya ponsel ini, pihaknya berharap para penderita tuna nerta tidak terisolasi dalam masalah komuniaksi.

Tom juga mengatakan bahwa ponsel ini juga bisa dipersonalisasi dengan dua atau empat tombol Braille yang telah diprogram khusus untuk menelpon teman, menghubungi keluarga, membantu untuk melakukan pekerjaan atau menghubungi layanan darurat.

Sampai saat ini, ponsel tersebut kini baru tersedia di Inggris saja. OwnFone sendiri menjual ponsel tersebut dengan banderol harga 60 Pound Sterling. Walau ponsel buatan OwnFone ini menjadi yang pertama dijual secara umum, tapi sepertinya ide ponsel bagi penyandang tuna netra ini sebenarnya sudah ada sejak lama dan menjadi perhatian khusus para perusahaan komunikasi dan teknologi.

Sebelumnya juga, tercatat pada tahun 2013 lalu, ternyata sebuah perusahaan rintisan asal India yang bernama Kriyate juga pernah membuat prototipe smartphone yang menggunakan huruf Braille secara keseluruhan. Bahwkan smartphone tersebut memiliki layar yang menampilkan huruf Braille secara penuh dan bisa ditekan sesuai dengan hurup apa yang penggunanya sentuh, setelah itu huruf tersebut akan memberikan respon balik dengan membeirkan suara atau getaran kepada penggunanya.

1115589-74904085-ownfonebraillephonegroupshot780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *