Inilah Smartphone Pertama Yang Mengusung OS Windows XP

By on September 24, 2014
gsmarena_001

Tahun 2009 sepertinya bukan tahun yang cocok untuk menggambarkan kejayaan smartphone. Hal tersebut karena pada tahun tersebut, masih belum banyak smartphone yang hadir di pasaran. Waktu itu, feature phone masih menguasai pasar ponsel dunia dengan Nokia sebagai salah satu produsen ponsel yang mampu menjadi raja di pasar global. Bahkan dominasi Nokia ini belum mampu dikejar oleh produsen smartphone lainnya seperti Samsung, atau bahkan Apple sekalipun.

Tetapi kalau kita telusuri lebih detail lagi, dalam tahun dimana Nokia masih menjadi raja, tenryata ada sebuah ponsel unik yang mungkin ini merupakan salah satu generasi awal smartphone, dimana ponsel unik ini berjalan dengan menggunakan sistem operasi Windows XP. Padahal waktu itu, sistem operasi besutan Microsoft tersebut memang masih menjadi primadona di segmen PC dan bahkan disebut-sebut sistem operasi paling sukses yang penah diluncurkan Microsoft.

Kembali ke topik pembahasan kita, nama ponsel unik tersbeut bernama ITG xpPhone, walaupun namanya tenggelam diantara popularitas Nokia, tapi smartphone dengan konsep slide dan dengan layar 4,8 inci tersebut menjadi ponsel pertama yang mengadaptasi sistem operasi Windows XP dalam sebuah perangkat mobile.

Tidak hanya itu, ITG xpPhone juga disebut-sebut sebagai cikal bakal teknologi masa depan, dimana ponsel ini dibekali dengan keyboard QWERTY tambahan. Selain itu, terdapat pula beragam aplikasi seperti Ms Office sampai dengan Internet Explorer yang biasa dijalankan dalam PC yang mengadopsi sistem operasi Windows XP.

Walaupun muncul 5 tahun yang lalu, tapi sektor dapur pacu smartphone ini tidak bisa disebut sembarangan. Hal tersebut karena smartphone ini dinilai hampir mengimbangi dapur pacu smartphone yang ada saat ini, yakni dengan RAM sebesar 1 GB dengan memori internal (SSD-HDD) yang berkisar antara 64 sampai 120 GB. Sebuah spesifikasi yang cukup fantastis untuk saat itu!

Seperti dikutip dari laman Phone Arena, ViewSonic sebelum memproduksi smartphone Android seperti yang ada saat ini, perusahaan ini juga pernah membuat smartphone lainnya dengan menggunakan sistem operasi Windows XP yang bernama VCP08. Ponsel VCP08 ini hadir dengan konsep dual-screen dan dibekali dengan prosesor Intel ULV. Sedangkan untuk menunjang kecepatannya, ponsel ini dibekali dengan RAM sebesar 512 MB dan tambahan memori internal sebesar 8 GB.

Di era smartphoen seperti sekarang ini, kedua smartphone langka tersebut kini sudah menjadi sebuah kenang-kenangan yang cukup menarik, apalagi sekarang ini, sistem Operasi Windows XP juga sudah dihentikan layanannya, seiring dengan kemunculan sistem oeprasi Windows 10, baik itu untuk PC maupun untuk sistem operasi Mobile-nya.

news-itg-xpphone-smartphone-windows-xp-dengan-memori-internal-120-gb

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *