Ini Dia Harga Asli iPhone SE, Jauh Lebih Murah Lho!

By on April 4, 2016
iPhone 5SE

Jika dibandingkan dengan seri iPhone lainnya, harga resmi iPhone SE memang relatif lebih murah. Walaupun begitu,setelah diselidiki lebih dalam, ternyata berbagai komponen di baliknya menunjukan jika ponsel terbaru Apple ini memang layak diganjar dengan harga murah, bahkan jauh lebih murah.

Untuk saat ini, Apple membanderol iPhone SE 16 GB dengan harga USD 399 atau setara dengan harga Rp 5,2 juta. Akan tetapi, setelah dibongkar oleh perusahaan riset IHS, ternyata harga iPhone SE hanya sebesar USD 160 atau setara dengan harga Rp 2,1 juta lho!

Bahkan khusus untuk iPhone SE versi 64 GB, Apple mendapatkan margin keuntungan yang lebih tinggi ketimbang modal pembuatannya, dimana perangkat tersebut dibanderol dengan harga USD 499 atau setara dengan Rp 6,5 juta.

Padahal setelah dibongkar IHS, versi 64 GB dari iPhone SE hanya seharga USD 170 atau setara dengan harga Rp 2,2 juta. Dengan melihat hal ini, kita bisa melihat jika Apple mengambil banyak sekali keuntungan dari setiap ponsel yang diproduksinya.

3. iPhone SE Mampu Mengalahkan LG G5 di Aplikasi AnTutu Benchmark

Seperti dilansir dalam Recode, lembaga riset IHS tersebut meghitung harga asli iPhone SE tersebut dengan cara membongkarnya, dan melacak nama-nama perusahaan pembuat komponen di dalamnya. Setelah itu, mereka menggunakan database harga dari setiap komponen tersebut.

Contohnya saja chipset Qualcomm USD 15 atau setara dengan harga Rp 197.000, prosesor A9 dengan harga USD 22 atau setara dengan harga Rp 289.000, serta layar 4 inci buatan LG Display dengan harga USD 20 atau setara dengan harga Rp 263.000.

Harga layar yang disematkan dalam iPhone SE ini jauh lebih murah ketimbang ketimbang layar iPhone 5S tahun 2013 lalu, dimana iPhone 5S dulu dibuat dengan layar seharga USD 41 atau setara dengan harga Rp 540.000 per panelnya.

Dengan memberikan penekanan yang besar kepada ongkos pembuatannya, Apple sepertinya ingin bermain aman dengan pasar, sekaligus sebagai langkah antisipasi jika smapai iPhone SE gagal di pasaran. Dengan demikian, setidaknya Apple sudah mengambil untung besar sebelum itu terjadi.

So, bagaiaman menurut anda? Wajarkah Apple mengambil untung yang segitu besar dari konsumennya?

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *