Ini Biaya Produksi Untuk Samsung Galaxy S7

By on March 16, 2016
Samsung Galaxy S71

Diluar dugaan, ternyata duo Samsung Galaxy S7 diperkenalkan dengan harga yang sedikit lebih murah ketimbang pendahulunya, yakni Rp 9 juta untuk varian Galaxy S7 Stanar dan Rp 10,5 juta untuk varian Galaxy S7 Edge atau varian layar lengkung.

Kalau melihat spesifikasi yang diusungnya, seharusnya smartphone ini dibanderol dengan harga yang lebih mahal. Lihat saja, Galaxy S7 hadir dengan peningkatan spesifikasi di sektor kemampuan anti air IP68, lengkap dengan RAM 4 GB dan slot microSD smapai dengan kapasitas 200 GB.

Selain itu, pengingkatan pun terjadi di sektor baterai yang tadinya 3000 mAH, kini meningkat menjadi 3600 mAH. Hanya saja, sepertinya Cuma kamera saja yang mengalami penurunan dari awalnya 16 MP, kini hanya 12 MP saja. Tapi itu pun dapat diatasi dengan seguang fitur yang membuatnya lebih baik.

Kenapa bisa seperti itu?

Sampai saat ini belum diketahui kenapa Samsung menurunkan harga seri Galaxy-nya, padahal spesifikasinya meningkat. Hanya saja, seperti dilansir dari AndroidAuthority, ternyata model Samsung untuk membuat Galaxy S7 hanya USD 255 atau setara dengan Rp 3,3 jutaan.

Hal ini diketahui setelah tim peneliti IHS, mencoba untuk mempreteli perangkat Galaxy S7 dan menelusuri harga tiap komponennya. Dengan komponen yang dimilikinya, Samsung telah meningkatkan harga sebesar Rp 5,6 jutaan ketika ponsel ini masuk pasar.

Menurut IHS, komponen paling mahal dalam Galaxy S7 terdapat di sektor prosesor Snapdragon 820 dengan harga USD 62 atau setara Rp 805 ribuan. Hal ini cukup menjelaskan jika sekitar 25 persen dari total modal Galaxy S7, semuanya digelontorkan untuk sektor dapur pacu.

Sayang IHS tidak menyebutkan berapa harga yang dipatok untuk mendapatkan 1 prosessor Exynos 8890, yang merupakan seri prosessor Galaxy S7 yang yang dijual di Indonesia. Walaupun begitu, IHS menyatakanjika Exynos 8890 kemungkinan harganya sedikit lebih murah karena buatan sendiri.

Selain prosessor, komponenpaling mahal lainnya terletak di sektor Galaxy S7 adalah kamera dengan teknologi dual pixel, dimana IHS menyatakan jika harga kamera tersebut sebesar USD 13,7 atau sekitar Rp 177.000. Sedangkan komponen lainnya dalam Galaxy S7 hanya memakan biaya sekitar USD 5 saja.

Samsung Galaxy S7

Dengan terbongkarnya harga komponen Galaxy S7, setidaknya kita bisa memiliki alasan kenapa Xiaomi, Meizu dan produsen China lainnya bisa menjual perangkat berspesifikasi tinggi, tapi dibandeol dengan harga lebih murah.

Walaupun begitu, IHS menyatakanjikaharga USD 255 atau Rp 3,3 Jutaan itu hanya untuk komponen Galaxy S7 saja, belum termasuk biaya pengiriman, riset, produksi, pajak dan biaya lainnya selain komponen dasar dan perakitan.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *