Ini Alasan Samsung Galaxy S7 Dibekali Slot MicroSD

By on March 5, 2016
Galaxy S71

Samsung kita ketahui telah membawa kembali slot MicroSD dalam lini Galaxy S7 mereka setelah sebelumnya fitur ini lenyap di galaxy S6. Keputusan perusahaan asal Korea Selatan ini terbilang tepat, terlebih perangkat ini mendukung penggunaan memori ekternal hingga 200GB.

Tidak hanya itu, berdasarkan banyak laporan, ternyata ponsel flagship terbaru dari Samsung tersebut ternyata memiliki sistem yang menghabiskan memori sampai dengan 8 GB lho. Jelas ini belum termasuk update dan hal lainnya yang mungkin akan menambah sesak media penyimpanan anda.

Seperti dilansir dalam GSM Arena, hampir kebanyakan pengguna smartphone tidak sadar kalau media penyimpanan yang ditawarkan produsen smartphone, pada dasarnya berbeda dengan yang anda dapatkan. pasalnya, memori internal tersebut sudah digunakan untuk OS dan ruang update.

Contohnya saja ketika anda membeli smartphone dengan media penyimpanan internal 16 GB. Pengertian ini bukan berarti anda bisa mendapatkan memori internal 16 GB, tapi kapasitas ini akan dikurangi dengan ruang yang harus disediakan untuk OS, misalnya 4 GB.

Artinya, anda hanya akan mendapatkan kapasitas memori ekternal free sebesar 12 GB, itu pun belum termasuk kapasitas yang harus disediakan ketika menerima update atau tambahan aplikasi lainnya. Hal seperti ini berlaku juga untuk smartphone dengan kapasitas memori internal lainnya.

Kondisi yang sama pun berlaku untuk Samsung Galaxy S7, hanya saja untuk flagship Samsung yang satu ini, setelah dilakukan beberapa pemeriksaan kapasitas penyimpanan internalnya, ternyata kapasitas memori internal yang terpangkas mencapai angka 8 GB.

Samsung Galaxy S7

Pemangkasan besar-besaran ini disebabkan karena sistem operasi Android 6.0 Marshmallow yang digunakan Galaxy S7, sudah dimodifikasi dengan user interface Samsung, TouchWiz, dan aplikasi lainnya yang sengaja Samsung tambahkan dalam ponsel ini.

Alhasil, jika anda membeli Samsung Galaxy S7 dengan kapasitas penyimpanan 32 GB, maka memori free yang bisa anda gunakan hanya sebesar 24 GB saja, itu pun belum termasuk update yang nantinya akan anda terima secara berkala. Jadi wajar dong kalau Galaxy S7 dibekali dengan slot MicroSD?

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *