Huawei Masih Pikir-Pikir Memakai Windows Phone

By on March 30, 2014
3 Huawei Masih Pikir-Pikir Memakai Windows Phone  1

Seperti diketahui, Windows Phone memulai ekspansinya kepasaran android dengan membeli Nokia dan membuatnya menjadi senjata untuk melakukan penetrasi ke pasar android dunia yang saat ini dikuasai oleh Samsung dan Lenovo. Selain itu Nokia juga diprediksi dijadikan senjata oleh Microsoft untuk bersaing dengan Apple dan Google dalam hal sistem operasi. Selain membeli Nokia, ternyata Microsoft juga melakukan banyak hal lain untuk membuat OS buatannya laku dipasaran..

Sebagai contoh, Microsoft menawarkan Windows Phone secara gratis untuk beberapa vendor ponsel di India beberapa waktu yang lalu. Selain itu pihak perusahaan teknologi terbesar di dunia ini juga menawarkan diskon untuk membeli sistem operasi Windows Phone buatannya tersebut. Tak tanggung-tanggung diskon yang diberikan lebih dari 50% dari harga biasanya. Beberapa vendor ponsel yang telah diajak Windows Phone untuk bekerja sama diantaranya adalah Samsung, LG, HTC, Huawei dan banyak lagi.

Namun khusus untuk Huawei, pabrikan asal Tiongkok masih ragu-ragu. Huawei masih pikir-pikir memakai Windows Phone pada produk yang mereka buat. Pihak Huawei memang belum menyetujui untuk memakai Windows Phone karena adanya ganjalan beberapa hal yang mereka tidak bisa terima. Untuk diketahui, saat ini Huawei memproduksi banyak sekali ponsel dengan OS android dari Google.

Keragu-raguan Huawei ketika hendak mengaplikasikan Windows Phone pada produk mereka dikarenakan beberapa hal dari soal harga dan juga soal diferensiasi produk. Dari soal harga, pabrikan Tiongkok ini menganggap harga yang ditawarkan Windows Phone terlalu tinggi karena seperti diketahui, Android bisa dipergunakan secara gratis oleh pabrikan manapun dan ponsel tipe apapun. Sehingga Huawei menganggap bahwa penggunaan Windows Phone akan mengurangi daya saing di pasaran karena dipastikan harganya akan lebih mahal dari ponsel android yang saat ini menjuarai pemasaran.

Selain itu hal yang membuat Huawei masih pikir-pikir untuk mempergunakan Windows Phone adalah masalah diferensiasi produk. Seperti diketahui, Windows Phone tidak boleh dirubah kodenya dengan alasan apapun sehingga para vendor ponsel tidak bisa melakukan diferensiasi produk untuk meningkatkan daya saing mereka. Sementara jika mempergunakan android yang gratis, Google mengijinkan modifikasi kode untuk membuat persiangan lebih seru.

Sebagai contoh diferensiasi adalah TouchWiz pada Samsung dan Sense pada HTC. Perbedaan tersebutlah yang membuat android sangat laku dan Windows Phone tidak. Oleh sebab itu Huawei masih pikir-pikir untuk mempergunakan Windows Phone karena mereka juga tidak ingin merugi karena produk mereka tidak laku dipasaran karena kalah dengan ponsel-ponsel android.

Alasan Huawei sangat masuk akal dan mungkin juga beberapa vendor lain akan mengikuti jejak Huawei ini. Disisi lain, Nokia saja mengeluarkan produk dengan OS android, kenapa vendor lain harus mengeluarkan ponsel dengan OS Windows Phone?

windows phone, huawei, memakai, nokia, gadget

BACA JUGA:

Di Cina, Nokia X Ludes Terjual Dalam Waktu 4 Menit

HTC Siapkan HTC One M8 Versi Windows Phone

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *