HTC, Smartphone Berkualitas Tinggi Yang Tidak Dikenal

By on March 31, 2014
5. Perilisan HTC One (M8) 2

Selama ini, HTC masih selalu konsisten untuk menelurkan smartphone yang berkualitas tinggi dengan harga yang sedikit lebih mahal. Bahkan, salah satu smartphone unggulannya, yang di beri nama HTC One telah dinobatkan sebagai smartphone terbaik tahun 2013 di ajang Mobile World Congress 2014 yang lalu.

Namun, sampai saat ini HTC seolah-olah berada di bawah bayang-bayang produsen smartphone Android lainnya, terutamapara produsen yang berani mengeluarkan produk dengan harga yang lebih murah sehingga masih jarang konsumen yang kenal dengan smartphone buatan HTC ini.

Seperti dikutip dari Cnet, menurut data terbaru dari firma Kantar Media menunjukkan bahwa dana marketing HTC tergolong masih sangat rendah, dan pendapatannya hampir seperlima dari Samsung, yang merupakan vendor smartphone Android terbesar di dunia saat ini.

Dana kampanye Samsung pada tahun lalu saja sudah mencapai 363 juta dollar AS, sedangkan pihak HTC hanya sebesar 75,8 juta dollar AS saja. Bahkan dengan pihak Apple yang masih setia dengan platform iOS-nya sendiri sampai menganggarkan dana marketing sebesar 350,9 juta dollar AS, yang merupakan dana kampanye yang cukup besar untuk produk yang bisa dibilang untuk kalangan terbatas.

Roger Cheng, yang merupakan Executive Editor Cnet pun mengatakan bahwa, dengan melihat ketimpangan biaya marketing tersebut, sangat tidak mengherankan jika selama ini brand HTC masih kurang dikenal di masyarakat luas. Jika kondisinya seperti ini, lalu apa yang harus dilakukan HTC?

Analis Maribel Lopez mengatakan bahwa seharusnya HTC perlu lebih menunjukkan diri mereka di pasar gllobal jika tidak ingin produknya hanya di kenal sebagai produk kompetisi saja. Saat ini mereka jarang dikenal oleh orang banyak karena selalu bersembunyi dan tidak mau mengeluarkan dana kampanye. Jelas ini sangat disayangkan karena produk HTC telah banyak mendapatkan penghargaan atas kualitasnya.

Maribel Lopez  juga mengatakan bahwa jika Samsung memiliki dana yang besar untuk melakukan kampanye marketingnya selama ini, maka sebenarnya pihak HTC memiliki kekuatan di lini kualitas smartphone buatannya tersebut. Namun, pihak HTC tidak akan bisa menyaingi Apple dalam hal loyalitas para penggunanya. Bagaimanapun tidak akan ada yang datang mengetok pintu lalu menanyakan smartphone HTC secara tiba-tiba.

Pada hari selasa yang lalu, HTC telah meluncurkan generasi penerus smartphone unggulan terbarunya, HTC One M8 yang merupakan smartphone dengan fitur yang luar biasa. Smartphone ini menawarkan peningkatan performa dan kualitas dari generasi sebelumnya. Namun waktu peluncurannya juga berdekatan dengan Galaxy S5 yang di keluaran Samsung. Dan sekarang, sepertinya HTC harus mengeluarkan dana kampanye yang cukup besar untuk bersaing dengan Samsung Galaxy S5.

Karena jika HTC tidak melakukan itu, maka sebagus apapun produk HTC, tetap saja mereka akan kalah pasaran karena pelit dana kampanye.

 HTC-One-M8-Windows-Phone-variant-2

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *