Hati-hati. iOS Sudah Mulai Disusupi Malware Jahat

By on April 23, 2014
1352122malware780x390

Selama ini kita kenal Android yang sering menjadi sasaran empuk bagi penyebar malware, hal tersebut tidak lain dan tidak bukan karena sistem operasi ini bersifat terbuka dan lebih banyak digunakan oleh orang lain jika dibanding dengan iOS dan sistem operasi ponsel pintar lainnya. Walau demikian, ternyata bukan hal tersebut tidak menjadi jaminan bahwa malware juga tidak menyerang sistem operasi iOS yang merupakan sistem operasi besutan Apple.

Menurut kabar terbaru, seorang pengguna iOS teleah melaporkan di situs Reddit bahwa perangkatnya tersebut terjangkit malware yang mencoba mencuri Apple ID miliknya sendiri. Kabarnya Malware tersebut berada di balik aplikasi yang selalu berjalan di background yang berada di perangkat iOS tersebut. Tapi sayangnya aplikasi yang terjangkit malware tersebut hanya bekerja dalam sistem operasi yang telah di-jailbreak saja. Kabarnya, Aplikasi tersebut berasal dari toko aplikasi non resmi milik Apple.

Seperti yang dikutip dalam laman BGR, salah satu pengguna Reddit dengan ID tdvx tersebut mengatakan bahwa dirinya mengalami crash berkali-kali ketika akan membuka Snapchat dan Google Hangout selama seminggu lebih. Dengan problem yang dideritanya tersebut, dia mengaku sangat putus asa. Bahkan dia benar-benar merasa terpukul dengan kejadian ini.

Dalam keluhan selanjutnya, pengguna tersebut mengatakan bahwa dirinya langsung menghapus dan meng-instal ulang lagi 30 tweak dalam iOS yang dia pakai, tapi sayangnya sampai beberapa kali masih tidak ada yang berubah juga. Setelah itu dirinya mencoba untuk membuka iCleaner dan menonaktifkan semua tweak dan mengaktifkannya kembali dalam group dengan harapan bisa menemukan kesalahannya, tapi sayangnya dia masih tidak bisa menemukan kesalahannya tersebut.

Menurut The Register, dia berpendapat bahwa aplikasi yang disebut dengan Unfold Baby Panda ini sebenarnya menyebar dari situs web apps iOS yang ada di Tiongkok. SektionEins, yang merupakan Firma keamanan dari Jerman, mengatakan bahwa aplikasi tersebut menyadap lalu-lintas SSL penggunanya dan terus mencari informasi penting seperti passwoard Apple ID dan berharap supaya mendapatkan hal yang berharga lainnya dalam ponsel pintar tersebut.

Firma tersebut juga sangat yakin bahwa aplikasi itu bisa saja meng-instal file lain dalam perangkat yang telah terinfeksi Malware tersebut. SektionEins juga mengatakan bahwa malware tersebut sebenarnya masih bisa dihapus secara manual, cuman caranya lumayan rumit.

SektionEins juga mengatakan bahwa saat ini, sepertinya komunitas jailbreak yakin bahwa dengan cara menghapus binari Unfold.dylib dan juga mengubah password Apple ID sudah cukup untuk menghindari serangan tersebut, tapi bagaimana efeknya terhadap dynamic library di perangkat tyersebut sampai sekarang masih belum diketahui, selain itu SektionEins juga mengatakan bahwa apakah aplikasi itu meng-install malware lain atau tidak, sampai saat ini tidak dapat dipastikan.

17101661251522620X310780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *