Harga Aplikasi Di Apps Store Naik Sejak 1 April

By on April 2, 2014
1014092apple-app-store1780x390

Untuk anda pengguna produk Apple, khususnya para pengguna iPad dan iPhone, sepertinya anda harus segera bersiap-siap untuk melihat harga baru yang akan dicantumkan dalam toko aplikasi Apple yang kita kenal dengan nama Apps Store. Menurut kabar yang beredar, harga aplikasi di platform iOS tersebut sepertinya akan disesuaikan dengan harga di negara masing-maisng, dan pastinya sudah termasuk juga Indonesia.

Seperti dikutip dari laman situs Techcrunch,, pada Selasa (1/4/2014), pihak Apple beralasan bahwa penyesuaian harga yang dilakukan olehnya merupakan imbas dari naiknya nilai tukar dollar terhadap sejumlah mata uang di beberapa negara di dunia, seperti dollar Australia, rupiah Indonesia, rupee India, lira Turki dan rand Afrika Selatan, serta sejumlah mata uang lainnya.

Pihak Apple sendiri dikabarkan telah mengirim e-mail ke sejumlah pengembang aplikasi yang berbasis iOS bahwa perusahaan tersebut akan segera menaikkan harga aplikasi di beberapa negara, dan dalam hal ini termasuk Indonesia. Dan kabarnya, kenaikan harga ini akan mulai berlaku pada tanggal 1 April 2014 kemarin.

Saat ini, bisnis aplikasi merupakan salah satu bisnis penting bagi vendor seperti Apple dan Google yang mengeluarkan sistem operasi sendiri. Untuk kuartal 1 di tahun 2014 ini saja, pihak Apple melaporkan bahwa bisnis iTunes/software/services ini telah berhasil menyumbang sebanyak 4,397 miliar dollar AS dari total pendapatan per kuartal yang diketahui totalnya sebesar 57,59 miliar dollar AS.

Jika melihat pendapatan Apple tersebut, beberapa pakar bisnis teknologi mengatakan bahwa pihak Apple mengalami peningkatan keuntungan sebesar 19 persen jika dibandingkan year-over-year. Sedangkan jika dibandingkan dengan kuartal sebelumnya, ternyata keuntungan pihak Apple sendiri mengalami peningkatannya sebesar 3 persen dari kuartal sebelumnya.

Selain itu, dalam periode tersebut juga Apple telah membayarkan sejumlah 2 miliar dollar AS untuk para pengembang aplikasi yang berada di seluruh dunia. Jumlah tersebut saat ini menjadi rekor nilai tertinggi yang pernah dibayarkan oleh pihak Apple kepada pengembang. Nilai tersbut mengalami peningkatan sebesar dua hingga tiga kali lipat jika dibandingkan dengan jumlah uang yang dibayarkan Apple pada tahun 2013 yang lalu.

Banyak pihak yang mengatakan bahwa ini hanya salah satu permainan pihak Apple dalam merayakan April Mop, dimana kita tahu bahwa tanggal 1 April selalu diperingati sebagai hair untuk membuat lelucon diseluruh dunia. Tetapi sayangnya, pihak Apple senidir mengatakan bahwa, meskipun harga abru ini dirilis tepat pada hari April Mop yang jatuh pada 1 April kemarin, tetapi kabar naiknya harga aplikasi di App Store ini bukan lelucon bulan April yang dilakukan Apple, ini merupakan harga resmi dan Apple tidak sedang membuat lelucon.

 Generasi-Terbaru-dari-iPhone-Akan-Diumumkan-Apple-Pada-10-September-1

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *