Google Paksa Vendor Ponsel Mencantumkan Tulisan “Powered by Android”

By on March 29, 2014
3. Google Paksa Vendor Ponsel Mencantumkan Tulisan _Powered by Android_ 1

Jika Anda adalah salah satu pengguna ponsel-ponsel besutan HTC, Samsung, LG, dan sebagainya, apakah Anda tahu sistem operasi yang ada didalamnya? Sebagian besar yang sudah membaca buku manual ponsel tersebut akan tahu bahwa ponsel mereka mempunyai OS android namun informasi ini sulit didapat dari ponsel tersebut kecuali Anda membuka detail spesifikasi ponsel Anda terlebih dahulu. Memang benar jika kebanyakan orang ditanya “HP-mu apa? Mereka akan spontan menjawab “samsung” atau “LG”, dan berbagai merek lain. Mereka jarang sekali menjawab “android”,  “iOS”, “Java” dan sebagainya.

Rupanya ini yang membuat Google sedikit jengkel karena dibalik dominasi Google dalam dunia android, yang lebih dikenal justru merek ponsel atau nama vendor pembuat ponsel tersebut. Oleh sebab itu maka Google berencana membuat aplikasi Android besutanya menjadi lebih terkenal dan populer di kalangan pengguna Smartphone dunia. Hal ini bisa disebut sebagai usaha branding agar pengguna lebih mengenali OS yang mereka pakai.

Usaha yang akan dilakukan oleh Google ini tak berbeda jauh dengan usaha yang pernah dilakukan oleh Intel, produsen prosesor terkemuka dunia. Perusahaan ini mewajibkan setiap perangkat baik laptop maupun PC harus ditempeli stiker atau informasi yang bertuliskan ‘Intel Inside”, hal ini membuat perusahaan Intel mempunyai branding yang sangat kuat di kalangan para penggunanya. Google berencana meniru langkah ini dan memaksa vendor smartphone mencantumkan tulisan “Powered by Android”.

android, google, powered by android, ponsel, vendor

Pemaksaan Google ini cukup beralasan karena selama  ini android telah dibagikan secara gratis kepada para vendor tersebut dan mereka boleh melakukan perubahan-perubahan yang mereka inginkan seperti TouchWiz pada Samsung dan Sense pada HTC.  Dengan demikian originalitas Android yang adalah buatan Google menjadi hilang. Oleh sebab itu Google memaksa setiap vendor ponsel memasang tulisan “Powered by Android” pada layar pembuka mereka, jadi setiap kali user merestart atau menghidupkan ponsel, maka tulisan tersebut akan nampak dan terbaca dengan jelas dan para pengguna tahu bahwa ponsel mereka berbasis android besutan Google.

Pemaksaan penggunaan tulisan “Powered by Android” pada layar pembuka ini memang tidak berpengaruh pada fitur-fitur yang ada pada ponsel Anda dan tidak akan setiap hari Anda melihatnya karena tulisan tersebut hanya akan terlihat pada saat Anda menghidupkan atau merstart ponsel saja. Namun bagi Google hal ini sangat penting karena menyangkut nama aplikasi produksi mereka yang saat ini merajai dunia per-gadgetan.

Selain itu, ada keuntungan lain yang diperoleh Google yaitu branding yang kuat. Branding ini akan mendorong para pengguna membeli perangkat yang sama atau sejenis ketika mereka membutuhkan perangkat baru. Selain itu diharapkan pengguna juga akan merekomendasikan perangkat android kepada orang lain yang ada disekitar mereka.

harga ipad, microsoft office ios, apple, ipad, gadget

BACA JUGA:

Android 4.3 Jelly Bean Untuk Xperia M

LG G2 Mini Siap Dipasarkan Di Bulan April

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *