Google Mulai Tinggalkan Tablet 7 Inci

By on February 23, 2014
Nexus 8

Persaingan tablet untuk saat ini memang sudah menjamur. Untuk mengikuti permintaan dari pasar maka banyak perusahaan yang berlomba-lomba untuk memproduksi tablet  dan menjualnya ke pasaran. Pada tahun 2013 yang lalu, tablet yang menjadi incaran dan paling laris dipasaran adalah tablet yang memiliki ukuran layar sebesar 7 inci.

Tablet dengan layar berukuran 7 inci ini memang menjadi idola diantara para pengguna tablet. Sebab ukuran dari tablet ini tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil untuk ukuran sebuah tablet. Jelas itu merupakan sebuah keuntungan tersendiri bagi tablet jenis ini karena terkesan ebih praktis dari pada tablet yang berukuran 10 inci.

Tetapi untuk tahun 2014 ini, sepertinya tablet yang berukuran 7 inci akan dianggap kuno mengingat banyaknya perusahaan yang kini sudah bergerak untuk meninggalkan perangkat 7 inci dan mencoba meluncurkan tablet berukuran lain. Rupanya mereka lebih mengincar pasar tablet dengan ukuran 8 inci.

Bahkan perusahaan besar seperti Google pun juga ternyata beranggapan demikian. Menurut mereka, persaingan di jajaran tablet berukuran 7 inci sudah terlalu banyak. Nantinya akan menimbulkan hal-hal yang tidak sehat karena persaingan yang terlalu ketat. Maka dari itu, Perusahaan Google pada tahun ini akan mulai meninggalkan produksi tablet 7 incinya dan akan lebih menekankan produksi tabletnya ke  tablet berukuran 8 inci.

Menurut informasi dari  Phone Arena. Salah satu tablet 8 inci milik Google yang akan diluncurkan tahun ini adalah Nexus 8 yang nantinya akan berjalan dengan sistem operasi Android terbaru dengan nama Android 4.5. Sepertinya dengan diluncurkannya tablet Nexus 8, pihak Google mencari dua keuntungan dari produk tersebut. Yang pertama dimulainya penjualan tablet berukuran 8 inci milik mereka dan yang kedua adalah mulai diperkenalkannya system android baru yang akan disematkan di Nexus 8.

Dengan system android baru milik Google maka praktis akan banyak orang yang menginginkan Nexus 8 untuk merasakan system android baru milik Google tersebut.

Spesifikasi Nexus 8 sendiri menurut kabar yang sudah beredar akan memakai layar 8 inci dengan resolusi sebesar 1920 x 1200 piksel dan prosesor quad-core 1,7GHz Qualcomm Snapdragon yang bersanding dengan Adreno 320 GPU dan selain spesifikasi diatas Nexus 8 juga akan ditukangi oleh perusahaan LG.

Tidak hanya perusahaan Google saja yang akan beralih ke tablet berukuran 8 inci, sejumlah perusahaan besar juga telah diberitakan mulai tertarik untuk mengembangkan perangkat berukuran 8 inci. Lihat saja beberapa perusahaan berikut. Samsung dengan Galaxy Note 8.0 dan Galaxy Tab 8.4 nya, serta LG dengan LG G Pad 8.3 nya.

Bagaimana dengan kamu? Sebagai pembeli akankah kamu beralih ke tablet 8 inci tahun ini atau tetap setia memakai tablet berukuran 7 inci?

 Hugo Barra, product management director

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *