Fitur Anti Maling iPhone Ternyata Bisa Dibobol

By on April 7, 2014
970phone

Seperti kita ketahui, ponsel pintar iPhone yang juga merupakan produk kebanggaan Apple kemarin telah membuat heboh para pecinta gadget dengan menyediakan aplikasi Find My iPhone yang konon mempunyai kemampuan hebat dalam melacak posisi ponsel yang bersangkutan jika ponsel pintar tersebut dicuri dari tangan si empunya atau bahkan mungkin menghilang.

Fitur istimewa ini bisa diakses lewat menu pengaturan iCloud yang tersedia dalam iPhone dan hanya bisa dimatikan dengan cara memasukkan password Apple ID yang dimiliki pengguna yang saha. Dengan fitur ini pihak Apple mengklaim bahwa para maling iPhone pun akan mati kutu. Dengan fitur ini ponsel pintar tersebut tidak bisa di-reset, dan tentu saja akun Appe ID dan iCloud tak bisa diganti lagi.

Tapi sebuah berita terbaru telah menyebar ke masyarakat luas melalui media youtube, dalam video tersebut terlihat sebuah kelemahan fatal yang baru-baru ini ditemukan oleh Miguel Alvarado, dalam video tersebut dia telah berhasil membuyarkan fitur keamanan istimewa dari pihak Apple.

Seperti dilansir dalam lama 9to5mac, Miguel memperlihatkan hal yang harus dilakukan mengacaukan fitur keamanan tersebbut. Anda hanya butuh pergi ke pengaturan iCloud dalam iPhone, pilih tombol delete account dan switch untuk mematikan Find My iPhone pada saat bersamaan, dan memang sebenarnya cara ini cukup sulit untuk dilakukan oleh siapapun, tapi Miguel berkata bahwa ini bukan berarti tidak mungkin.

Ketika anda diminta unyuk memasukkan password, anda tinggal menekan tombol power dan matikan iPhone itu seketika. Begitu iPhone tersebut dihidupkan kembali, maka siapapun bisa masuk ke setting iCloud dan mampu menghapus akun iCloud tanpa dimintai password sama sekali.

Setelah itu, langkah yang bisa anda lakukan adalah dengan melakukan restore ponsel menggunakan bantuan dari iTunes. Setelah itu iPhone pun akan menghapus semua data dan pengaturan serta kembali ke kondisi default lagi. Activation Lock tidak akan muncul ketika ponsel di-restore karena fungsi tersebut membutuhkan fitur Find My iPhone dalam keadaan aktif.

Melihat fenomena seperti ini, pihak Apple seharusnya secepatnya mencari cara lain untuk memperbaiki masalah tersebut. Dan hingga saat ini, berita bagus yang bisa anda dapatkan untuk memperketat keamanan ponsel pintar iPhone anda adalah dengan mengunci layar iPhone dengan passcode yang memang masih bisa dipakai agar orang selain pengguna yang sah tidak bisa mengakses perangkat iPhone tersebut sama sekali.

Untuk itu, mulai sekarang untuk anda, khususnya para pengguna iPhone sebaiknya mulai lebih berhati-hati lagi, karena bukan Cuma Apple sana yang meskipun mengklaim memiliki fitur keamanan tercanggih, karena secanggih-canggihnya sistem buatan manusia, pasti akan terdapat sebuah kelemahan yang bisa saja dimanfaatkan oleh orang lain dengan mudah.

1625303iphone10780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *