Fasilitas Istimewa Facebook Messenger di Android

By on April 6, 2014
Facebook Messenger Telepon Gratis

Lagi-lagi pihak facebook memberikan pembaruan untuk layanan pesan instan mereka, yakni Facebook Messenger di platform Android. Fitur terbaru yang layak diperhatikan adalah kemampuan melakukan panggilan telepon melalui koneksi Wi-Fi ataupun menggunakan paket data internet provider yang dipakai oleh penggunanya.

Selain meluncurkan fitur panggilan telepon melalui internet tersebut, seperti dikutip dari Android Authority, facebook memberikan beberapa pembaruan lain yang disertakan Facebook Messenger antara lain adalah fitur Groups, yang merupakan sebuah fitur yang memungkinkan penggunanya untuk bisa membuat kelompok percakapan dengan beberapa pengguna lainnya secara langsung.

Selain itu, facebook juga menyediakan fitur Forwarding. Layaknya pesan SMS atau e-mail, di sini para pengguna bisa meneruskan percakapan atau foto kepada pengguna lain yang sedang tidak terlibat dalam percakapan groups tersebut untuk mengetahui aktivitas dalam group.

Dalam update terbarunya ini, facebook juga memberikan shortcut khusus untuk percakapan tertentu yang dilakukan oleh penggunanya. Shortcut ini bisa saja ditaruh di home screen sehingga para pengguna bisa lebih mudah dalam mengakses percakapan dengan pengguna lainnya, sehingga proses komunikasi akan berjalan lebih cepat dan efisien.

Update-update terbaru Facebook Messenger tersebut sekarang ini sudah bisa diunduh melalui Google Play Store dan untuk sementara hanya berlaku untuk pengguna Android saja. Dengan kemampuan untuk menelepon melalui koneksi Internet, maka sekarang Facebook Messenger ini bisa bersaing dengan layanan pesan instan BlackBerry Messenger dan aplikasi layanan pesan instan lainnya.

Seperti kita ketahui, sebenarnya fitur panggilan telepon melalui koneksi internet juga sedang disiapkan oleh pihak WhatsApp, hal ini seperti yang diungkap oleh CEO Jan Koum di ajang MWC 2014 pada Februari yang lalu. Nantinya, fitur dalam WhatsApp ini akan dijanjikan sebagai media untuk lebih hemat bandwidth. Bagi para penguna aplikasi pesan instan ini, pasti hal inilah yang paling di tunggu-tunggu, karena kini para pengguna bisa berinteraksi langsung tidak lewat chat saja, tapi bisa juga dengan telpon langsung

Pihak facebook sendiri sebenarnya masih malu-malu untuk menyebutkan berapa jumlah pengguna Messenger-nya saat ini. Data terakhir yang dirilis pihak Facebook adalah pada September 2012 lalu, yakni pengguna aktif layanan pesan instannya ini telah mencapai 56,7 juta pengguna per bulannya, dan 32,3 juta di antaranya ternyata menggunakan platform Android milik Google.

Tapi sayangnya, pada Januari 2014 yang lalu, CEO Facebook Mark Zuckerberg mengatakan bahwa jumlah pengguna Facebook Messenger saat itu telah meningkat 70 persen dalam tiga bulan terakhir dan dengan demikian, maka para pengguna Facebook Messenger sekarang ini ditaksir setidaknya memiliki 50 hingga 75 juta pengguna aktif dalam setiap bulannya.

 1315153400780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *