Diluncurkan Bersama iOS 7, Kitkat Jarang Pemakai

By on April 10, 2014
1357088ios7-kitkat780x390

Sistem operasi mobile iOS 7 yang merupakan sisitem operasi milik perusahaan pembesut iPhone Apple dan juga Android 4.4 Kitkat yang merupakan sisitem operasi besutan Google dirilis dalam waktu yang sangat berdekatan. Android Kitkat muncul ke publik hanya berselang sebulan setelah perkenalan iOS 7 pada September tahun 2013 yang lalu. Kedua OS baru ini pun akhirnya menjelma menjadi sistem operasi populer di dunia.

Namun, ternyata tingkat adopsi sistem operasi tersebut di platform masing-masing kini jauh berbeda dan bahkan terjadi ketimpangan antara sisitem operasi populer ini. Berdasarkan informasi terbaru dari Apple yang dilansir oleh ZDNet, ternyata sistem operasi milik Apple yakni iOS 7 kini telah digunakan oleh 87 persen pengguna gadget Apple di seluruh dunia. Sedangkan sisanya masih setia menggunakan iOS 6 yang menempati angka 11 persen atau yang lebih tua hanya menempati angka 2 persen saja).

Data adopsi sistem operasi tersebut diperoleh secara langsung dengan mengukur sistem operasi perangkat yang dipakai untuk mengakses toko aplikasi App Store selama 7 hari yang berakhir pada 6 April 2014 yang lalu. Sebelumnya juga, pada bulan Maret yang lalu, ternyata tingkat adopsi iOS 7 ini masih berada di angka 83 persen adopsi, dan hanya berselang satu bulan peningkatan tersebut terjadi dan diperkirakan akan terus mengalami peningkatan seiring dengan rencana peluncuran iPhone terbaru.

Sedangkan di sisi lainnya, menurut data dari developer dashboard Google, sistem operasi Android Kitkat baru dipakai oleh sebanyak 5,3 persen pengguna Android didunia saja. Justru sebagian besar atau sekitar 61,4 persen masih tetap setia menggunakan varian Android Jelly Bean. Sedangkan sebanyak 17,8 persen pengguna Android masih memakai perangkat berbasis Gingerbread atau Andoid versi 2,3 yang memang sudah berumur lebih dari 3 tahun.

Harus diakui, memang sejak awal kemunculannya, tingkat adopsi iOS 7 ini memang sudah jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan sisitem operasi Android Kitkat. Menurut data yang didapat, hanya dalam waktu hanya waktu seminggu setelah peluncurannya saja, ternyata  iOS 7 telah mampu membuat kejutan dengan dipakai oleh 52 persen pengguna gadget Apple diseluruh dunia.

Justru kondisi sebaliknya terjadi kepada Android Kitkat, adopsi Android ini masih sangat terhambat oleh fragmentasi platform itu sendiri. Sebagian besar produsen maish menunda atau bahkan sama sekali tidak menyediakan opsi update ke sistem operasi terbaru tersebut, terutama untuk perangkat-perangkat yang sudah lama beredar di pasaran yang sudah di beli atau stok yang masih ada di beberapa retail.

Tapi bagaimanapun juga, kalau dibandingkan dengan jumlah ekosistem pengguna iOS dan Android secara keseluruhan, sisitem operasi milik Google ini masih jauh melaupaui iOS yang merupakan sistem operasi milik Apple.

2. iOS vs Android sudah terjadi sejak 2011 3

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *