Develover Windows Phone Kecewa ad network

By on March 17, 2014
1559142620X310

Seperti kita ketahui bahwa belakangan ini Microsoft sedang gencar-gencarnya tancap gas untuk memacu agar Windows Phone bisa lebih diterima banyak pengguna di seluruh dunia dan menjadi pesaingn utama Android yang memang sudah lebih dulu booming ditengah masyarakat dunia. Akhirnya beberapa langkah dilakukan oleh perusahaan raksasa ini untuk mengejar semua ketertinggalannya.

Selain mereka kini telah berhasil menggandeng beberapa vendor smartphone besar untuk memproduksi Windows Phone, selain itu juga pihak Microsoft juga mengajak para developer untuk terus mengembangkan berbagai macam aplikasi untuk ekosistem Windows Phone supaya produk ini semakin digemari oleh berbagai kalangan pecinta gadget.

Akan tetapi, belakangan ini para developer Windows Phone dikabarkan masih sangat kecewa dengan kinerja ad network PubCenter yang dimiliki oleh Microsoft. Bahkan menurut sebuah laporan yang ditulis Phone Arena, fill rate yang didapat oleh developer dari Windows Phone masih sangat rendah, yaitu hanya sekitar 2 persen saja. Padahal Fill rate ini sangat dibutuhkan oleh para pengembang untuk mengukur tingkat impresi iklan dalam jaringan mereka.

Bahkan saking rendahnya nilai fill rate tersebut, kabarnya salah seorang developer bahkan sampai berani menulis di forum developer bahwa saat ini pendapatan dirinya dari iklan di aplikasi Windows Phone tersebut terus menurun hingga 99,5 persen atau dengan kata lain hampir tidak ada penghasilan sama sekali.

Dengan kondisi ini tentu saja bukan hanya para develover saja yang akan merasa kerugian, akan tetapi pihak Microsoft sendiri akan dirugikan karena mandeknya usaha mereka untuk membuat Windows Phone menjadi aplikasi yang sangat populer ditengah warga dunia, dan tentu saja cita-cita mereka untuk menyaingi Android akan semakin susah dan bahkan akan semakin terhambat.

Tentu saja jika PubCenter tidak mampu untuk memberikan pendapatan seperti yang diharapkan oleh para developer Windows Phone tersebut, kondisi yang paling ditakutkan adalah kondisi ini akan secara langsung memengaruhi pengguna Windows Phone di dunia danimbasnya pasti akan menjalar kepada para vendor windows phone itu senidri dimana produk mereka akan kalah bersaing di pasaran.

Selain itu juga, hal yang paling ditakutkan adalah Developer akan enggan untuk mengembangkan aplikasinya tersebut sementara pengguna juga pastinya enggan mengadopsi Windows Phone karena memang minim aplikasi yang bisa mereka nikmati.

Selain itu juga, jika para developer tidak bisa mendapatkan pemasukan dari iklan di aplikasinya tersebut, maka secara tidak langsung mereka juga akan meminta para pengguna untuk membayar aplikasi tersenut saat mengunduh aplikasi tersebut di pasaran. Sementara itu, tentu saja metode aplikasi berbayar tersebut saat ini masih kurang diminati oleh para pengguna, karena prinsip pengguna adalah selama ada yang gratis, lantas kenapa harus cari yang berbayar!?.

 windowsph8-start-screens

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *