Cortana, Asisten Pribadi Anda di Windows Phone 8.1

By on April 4, 2014
3. Cortana, Asisten Pribadi Anda di Windows Phone 8.1 2

Jika Anda mempergunakan perangkat iPhone atau iPad maka Anda  tidak akan asing dengan Siri, yang merupakan  asisten pribadi Anda di perangkat Apple. Ada juga Google Now yang merupakan asisten pribadi Anda bagi yang mempergunakan android. Kini Windows Phone juga  tidak ingin kalah dengan merilis asisten pribadi Anda di Windows Phone 8.1 yang diberi nama Cortana. Asisten pribadi ini dibuat khusus untuk Windows Phone 8.1 dan telah diumumkan pada acara konferensi di San Franscisco.

Ide pemberian nama Cortana diambil dari tokoh animasi di game Halo. Kali pertama yang mempergunakan istilah ini adalah Bing, salah satu portal web yang kini telah dibeli Microsoft. Cortana kini akan difungsikan sebagai fungsi pencarian standar untuk ponsel cerdas ber-OS Windows Phone 8.1. Fungsi asisten pribadi ini akan bisa diakses melalui sebuah Live Tile. Diberitakan bahwa Cortana bisa melakukan banyak hal seperti membuat panggilan telepon dan juga menulis SMS.

Tidak saja hal-hal tersebut, asisten pribadi Anda di Windows Phone 8.1 ini juga bisa membuat reminder, penjadwalan kegiatan, alarm, memberitahu keadaan cuaca serta mengabarkan hasil pertandingan sepak bola. Bahkan juga dikabarkan Cortana bisa meluncurkan aplikasi yang Anda inginkan dengan hanya berbicara pada asisten pribadi ini. Selain itu asisten pribadi ini juga bisa diatur agar mempunyai akses kedalam email Anda sehingga bisa memberikan info seputaran email yang diterima di kotak Inbox email.

harga ipad, windows phone 8.1, cortana, asisten pribadi

Cortana didesain dengan mempergunakan suara cewek sexy. Ada banyak kemiripan antara Cortana dan Siri dalam gaya bahasa dan juga logat yang dipergunakan. Asisten pribadi Windows Phone 8.1 ini akan sangat berguna bagi Anda yang selalu sibuk dan jarang bisa mengotak-atik ponsel Anda dan mempergunakannya untuk berkomunikasi. Kini dengan perintah suara saja maka Anda akan bisa mengoprasikan ponsel Anda tersebut sesuai dengan apa  yang Anda kehendaki.

Asisten pribadi Anda di Windows Phone 8.1 ini sebenarnya masih dalam tahap beta atau uji coba dan Microsoft berencana akan memperbaharui aplikasi ini sekitar bulan Mei mendatang. Banyak pihak yang memprediksi bahwa aplikasi ini akan menjadi saingan bagi Siri dan juga Google Now yang telah lama ada dan dipergunakan oleh banyak pengguna iOS dan Android walau sampai saat ini belum ada yang tahu kemampuan sebenarnya asisten bernama Cortana ini.

Pertanyaan yang muncul kemudian adalah apa nilai lebih dari Cortana dibandingkan dengan Siri dan Google Now? Karena dari segi desain, suara dan teknologi yang dipergunakan juga sangat mirip. Pertanyaan kedua adalah apakah asisten Cortana ini juga akan bisa dipergunakan pada OS Windows 8.1 desktop dan laptop juga? Jika Anda ingin mencobanya, maka tunggu saja update yang akan dilakukan Microsoft bulan ini atau bulan depan mendatang.

harga ipad, windows phone 8.1, cortana, asisten pribadi

BACA JUGA:

Asisten Pribadi Cortana Di Windows Phone 8.1

Asisten Pribadi Sexy Bernama Cortana di Windows Phone 8.1

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *