Cara Menghemat Beterai iPhone dan Perangkat iOS

By on April 15, 2014
iOS 7.1 Bermasalah di Bluetoot tapi Aman dari jailbreak

Mungkin kita semua merasakan hal yang sama, kehabisan baterai merupakan momok bagi semua pengguna gadget modern, dan hal ini tak terkecuali gadget yang berbasis iOS seperti iPhone, iPad dan lainnya. Untuk perangkat besutan Apple tersebut, ternyata ada beberapa cara yang bisa ditempuh untuk memperpanjang umur baterai atau dengan kata lain menghemat penggunaan baterai, atau paling tidak untuk meminimalisasi penggunaan daya yang mmeang tidak kita perlukan.

Tips dan trik tersebut telah dirangkum dalam sebuah posting blog oleh seorang mantan pegawai Genius Bar Apple sendiri yang bernama Scott Loveless yang pastinya sudah terbiasa mengoprek dan berurusan dengan aneka rupa perangkat yang berbasis iOS. Menurut loveless, berikut cara mudah untuk mudah untuk menghemet penggunaa baterai gadget yang berbasis iOS.

Matikan Location Services

Langkah pertama ini memang terdengar sangat spesifik dan menyasar satu aplikasi saja. Tapi memang itulah yang sering menjadi akar persoalan kenapa baterai iOS selalu kelabakan. Loveless mengatakan bahwa aplikasi Facebook di iOS ini sering kali aktif di layar belakang dan menyita sumber daya baterai. Begitu juga dengan Location Services dan Background App Refresh Facebook sebaiknya dimatikan juga.

Matikan Background App Refresh

Background App Refresh merupakan salah satu fitur iOS 7 yang berguna agar aplikasi bisa mendapat update informasi tanpa terlalu menghabiskan daya perangkat yang dipakai. Tapi tak semua aplikasi ini perlu senantiasa up-to-date dan bahkan dalam kenyataannya ini seringkali memakan sumber daya yang banyak. Dalam beberapa kasus, beberapa aplikasi seperti aplikasi Facebook dan lainnya sebaiknya dimatikan, mematikan Background App Refresh untuk aplikasi tertentu juga bisa menghemat penggunaan baterai.

Jangan mematikan aplikasi ketika multitasking

Kita semua tahu bahwa mematikan aplikasi yang berjalan di iOS 7 sangat mudah dilakukan, anda cukup membuka tampilan multitasking dengan menekan tombol Home dua kali, dan setelah itu tinggal menyapu jendela aplikasi yang bersangkutan ke arah atas. Sampai sekarang, banyak pengguna yang meyakini bahwa mematikan aplikasi dengan cara ini bisa menghemat baterai.
Tapi ternyata Loveless mengungkapkan bahwa mematikan aplikasi secara rutin malah bisa berpotensi memboroskan baterai itu sendiri.

Hal tersebut karena saat sebuah aplikasi dimatikan, maka data-data program bersangkutan akan dihapus dari memori. Ketika aplikasi itu kemudian dipanggil lagi, maka perangkat terpaksa akan memanggil ulang data-data yang diperlukan dan menyimpannya kembali di dalam memori. Dan hal ini tentu saja membutuhkan pemrosesan sistem dan ketika dilakukan berulang-ulang, tentu saja hal ini akan menyita tenaga perangkat bersangkutan dan akhirnya memboroskan baterai yang anda gunakan.
1625303iphone10780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *