Cara Menghemat Beterai iPhone dan Perangkat iOS (Part II)

By on April 15, 2014
2. Apple Ogah Bikin iPhone Murah 1

Matikan Push E-mail untuk sementara

Push E-mail merupakan sebuah fitur yang sangat berguna untuk pengguna yang senantiasa berkorespondensi lewat media ini. E-mail yang masuk nanitnya akan diteruskan ke perangkat seketika itu juga sehingga secara langsung diketahui oleh pengguna. Tapi jika pengguna iOS mengalami kejadian boros baterai yang tidak biasa, maka push e-mail bisa menjadi salah satu tersangka utamanya. Cobalah untuk mengubah setting menjadi fetch , misalnya setiap 15 atau 30 menit sekali.

Matikan Push Notification

Kita sering kebanjiran notifikasi dari game yang atau aplikasi lainnya yang meminta untuk dimainkan atau diaktifkan kembali? Setiap notifikasi ini dikirim ke perangkat anda, maka perangkat terpaksa akan bangun dan menyalakan layar selama beberapa saat selagi menunggu input dari anda. Dengan mematikan Push Notification untuk beberapa aplikasi yang tak perlu, tentunya akan sedikit menghemat baterai anda.

Matikan indikator persentase baterai

Memang yang satu ini sedikit terdengar agak konyol dan bahkan tak masuk akal, bahkan kontraproduktif terhadap upaya menghemat baterai itu sendiri. Namun, ternyata menurut Loveless, kondisi disini yang terjadi justru bisa lebih produktif. Kalau anda terlalu khawatir dengan baterai dan sering mengaktifkan perangkat untuk memperiksa persentase yang tersisa, tentu saja daya baterai juga akan ikut terkikis habis.

Aktifkan Airplane Mode ketika kehilangan sinyal

Sama seperti perangkat lainnya, perangkat berbasis iOS juga membutuhkan sinya untuk memaksimalkan fungsinya. Ketika perangkat tak menerima sinyal seluler yang cukup kuat, maka daya yang mengalir ke antena akan diperbesar agar tangkapan bisa lebih maksimal lagi. Hal ini tentu akan menguras tenaga baterai anda dan hal tersebut juga akan tetap terjadi walaupun perangkat terhubung ke jaringan WiFi karena sinyal seluler tetap diperlukan untuk keperluan lainnya.

Jika anda berada di area dengan penerimaan sinyal buruk sampai-sampai tidak bisa digunakan menelepon, maka sebaiknya anda mengaktifkan Airplane Mode yang akan mematikan penerimaan sinyal seluler secara sementara. Lagipula kalaupun menyala juga percuma, karena perangkat anda tidak ada sinyalnya.

Untuk WiFi bisa kembali dinyalakan setelah mengaktifkan Airplane Mode tersebut, cukup dengan menekan tombol WiFi di Control Center perangkat anda. Ini bisa berguna di tempat-tempat yang tak terjangkau sinyal seluler tetapi memiliki akses WiFi yang cukup kuat, seperti dalam pesawat terbang dan tempat lainnya.

Koneksi data seluler juga bisa dimatikan secara terpisah dari koneksi voice dan SMS untuk dialihkan ke WiFi ini. Bar indikator sinyal pada iPhone hanya berlaku untuk penerimaan sinyal non-data saja, bukan koneksi 3G/4G sehingga penerimaan data boleh jadi tak bisa berjalan walaupun indikator ini menunjukkan penerimaan sinyal yang cukup kuat dari WiFi.

1418093iphone-air780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *