Cara LG dan Lenovo Menyaingi Samsung

By on May 2, 2014
1639040lenovo-vibe-x780x390

Walaupun sampai saat ini pasar smartphone global masih didominasi oleh produk-produk Apple dan Samsung yang terus berkompetisi untuk saling menguasai satu sama lain, tapi tahun ini, ternyata pabrikan LG dan Lenovo juga diprediksi bisa menjadi kuda hitam bagi persaingan sengit samsung dan Apple. Kedua vendor dari Korea dan Tiongkok tersebut disebut bakal memiliki perkembangan yang pesat tahun ini, teutama untuk kuartal kedua dan seterusnya.

LG sendiri baru-baru ini telah merilis data pengiriman perangkat smartphone-nya kepada publik, data tersebut juga secara tidak langsung telah menunjukkan bahwa hingga kuartal pertama tahun 2014, perusahaan asal Korea Selatan ini telah berhasil menjual sebanyak 12,3 perangkat mereka di pasaran Global. Angka tersebut naik 19 persen jika dibandingkan dengan  periode yang sama pada tahun 2013 yang lalu.

Sementara itu, untuk Lenovo sendiri penjualan perangkatnya juga naik dari angka 8,4 juta di kuartal pertama tahun 2013 menjadi lebih dari 13,3 juta perangkat untuk periode yang sama tahun 2014 ini. Bahkan, menurut para analis keuangan pangsa pasar Lenovo ini sudah mampu menempel ketat Huawei yang merupakan salah satu pesaing mereka di lini smartphone.

Kini, dua vendor tersebut sama-sama berada di posisi ketiga di belakang Apple dan Samsung dalam peta persaingan global. Untuk tahun 2014 ini saja, LG dan Lenovo telah menyiapkan perangkat smartphone Android masing-masing yang akan diprediksi sukses di pasaran global. LG sendiri memiliki G3 yang dari segi spesifikasi digadang-gadang sebagai pembunuh Galaxy S5 yang merupakan polsel premium milik Samsung. G3 juga juga di pasaran Global akan bersaing langsung dengan Xperia Z2 dan HTC One M8 yang merupakan smartphone dengan kemampuan luar biasa.

Neil Mawston, yang merupakan analis dari Strategy Analytic mengatakan kepada Digital Trends, supaya sukses, ternyata vendor membutuhkan model smartphone global killer yang memang memiliki kesuksesan yang sama dengan iPhone atau lini Galaxy miliknya Samsung. Untuk memenui semua ini, pihak LG sendiri saat sangat bergantung kepada LG G3 yang beberapa waktu di rilis ke pasaran.

Selain itu, ternyata Mawston juga memprediksi setidaknya di tahun 2014 ini ada sekitar enam vendor yang berpeluang menjadi pemain besar di pasaran Global, dan ini termasuk juga Sony dan salah satu vendor asal Tiongkok, yakni Xiaomi.

Untuk Apple dan Samsung sendiri dilaporkan oleh lembaga riset Strategy Analytic mengalami penurunan dalam hal pangsa pasar global. Samsung sendiri untuk kali pertama semenjak 2009 pangsa pasarnya ternyata turun drastis dari angka 32,4 persen pada tahun lalu dan kini berada pada angka 31,2 persen pada tahun 2014 ini.

3. Serangan Tiga Android KitKat LG ke Indonesia  4

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *