Cara Google Membuat Android Merajai Wearable

By on March 10, 2014
Dilarang Memakai Kacamata Google Glass Saat Berkendara

Dengan ambisi Google yang sangat besar untuk menciptakan sebuah ekosistem perangkat wearable yang semmakin serius dibuktikan oleh perusahaan raksasa internet tersebut yang telah mengumumkan untuk segera merilis sebuah alat pengembangan peranti lunak atau yang lazim kita kenal sebagai  software development kit  untuk menciptakan aplikasi khusus pada perangkat wearable miliknya tersebut.

Seperti kita ketahui bahwa teknologi wearable merupakan sebuah perangkat elektronik yang nantinya bisa dipakai ataupun dikenakan seperti layaknya aksesoris fashion pada umumnya seperti berupa jam tangan hingga kacamata. Akan tetapi aksesoris tersebut bukan sekedar bisa dipakai saja, akan tetapi teknologi wearable ini nantinya akan memiliki beragam fungsi khusus untuk membantu pengguna alat tersebut melakukan aktivitas tertentu sehingga hal tersebut akan menjadi lebih mudah untuk dilakukan.

Pengumuman tersebut telah disampaikan oleh Senior Wakil Presiden Android, Sundar Pichai dalam konferensi SXSW beberapa waktu yang lalu, sepertu yang telah dilansir Wall Street Journal. Secara khusus, pichai sendiri mengatakan bahwa Google rencananya akan segera merilis software development kit berbasis Android tersebut untuk para pembuat perangkat wearable tersebut paling lambat dalam dua pekan mendatang.

Walaupun Google sudah mencanangkan sebuah jam tangan pintar yang bekerjasama dengan LG, akan tetapi Google sendiri rela memberikan software development kit ini untuk para pembuat perangkat wearable gratis sama seperti halnya ketika Google merelakan Android miliknya dipakai oleh berbagai perangkat ponsel dan juga tablet yang saat ini menjadi primadona tersendiri di dunia gadget.

Software development kit juga disebutkan akan memungkinkan Google untuk memberikan berbagai kesempatan menarik untuk para pengembang dan juga untuk para pengguna lebih dalam ke dalam sebuah ekosistem peranti lunak milik Google.

Tentunya dnegan adanya sistem keterbukaan yang dilakukan oleh Google, akan sangat diharapkan para produsen perangkat tidak akan melirik ke sistem operasi lainnya dalam proses untuk membesut perangkat wearable yang memang di prediksi akan semakin booming ditahun mendatang dan sudah di proyeksikan untuk menjadi pengganti fngsi dari ponsel pintar.

Selain itu, secara lebih dalam lagi Pichai mengatakan bahwa Google merilis software development kit Android tersebut untuk perangkat wearable sebelum Google merilis jam tangan pintar besutannya tersebut. Tentu saja cara ini diklaim sebagai cara yang sangat ideal untuk mendapatkan masukan yang berarti dari para pengembang sebelum akhirnya Google merilis produk jam tangan pintar yang katanya akan dijadwalkan rilis pada acara konferensi pengembang Google pada Juni mendatang.

Pichai juga mengatakan bahwa Google sangat berharap platfrom pengembang software tersebut dapat membantu para pengembang untuk menciptakan lebih banyak lagi jenis perangkat wearable yang mungkin saja dibuat. Dan pada kesempatan tersebut Pichai juga ikut menyampaikan bahwa tidak menutup kemungkinan pada suatu hari nanti peranti lunak milik Google tersebut akan digunakan dalam produk jaket pintar yang ditanamkan dengan sensor tertentu yang lebih canggih.

 Google Glass

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *