Bold 9900 Akan Dibangkitkan Kembali Oleh Blackberry

By on April 2, 2014
1218461bold780x390

Beberapa waktu yang lalu, pihak BlackBerry telah mengenalkan antarmuka gaya baru yang sangat berbeda jika dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya dari BlackBerry. Dalam sistem operasi terbaur ini, pihak Blackberry menghilangkan beberapa elemen tradisional ponsel BlackBerry seperti tombol fungsi dan trackpad, sekarang semuanya sangat bergantung pada navigasi yang berbasis sentuhan. Gaya baru ini bisa anda lihat dalam Blackberry 10.

Di samping model full-touchscreen yang diperkenalkan kemarin, ternyata BlackBerry pun maish memiliki ponsel BlackBerry 10 papan atas dengan keyboard QWERTY tradisional, yakni Blackberry Q10 yang merupakan ponsel pintar penerus seri Bold yang melegenda dikalangan pengguna Blackberry. Walaupun saat ini Blackberry telah memiliki andalan baru tersebut, ternyata produsen smartphone yang sekarang ini sedang mencoba untuk bangkit ini, pada minggu lalu telah mengumumkan bakal memproduksi kembali smartphone seri Bold 9900 dengan model flagship yang pertama kali muncul pada tahun 2011 yang lalu.

Seperti dalam laman BGR,  John Chen, yang merupakan CEO BlackBerry, menerangkan dalam sebuah wawancara dengan CBCNews, rupanya tidak semua orang suka dengan perubahan antarmuka yang diusung oleh BlackBerry 10 ini. Chen menjelaskan bahwa para pengguna merasa kehilangan produktivitas mereka karena BlackBerry telah menghilangkan sabuk navigasi yang berada bagian di bawah layar yang berisi trackpad, tombol fungsi, tombol panggilan dan tombol back atau reject.

Keyboard memang sangat penting. Kalau begitu apa alasannya Blackberry Q10 kurang sukses dipasaran? Chen mengatakan bahwa semua itu karena sabuk. Untuk itulah, pihak Blackberry tak hanya akan mengembalikan sabuk tersebut pada ponsel besutan mereka, tapi pihak Blackberry juga akan turut menghadirkan kembali beberapa elemen interface yang disukai oleh para pengguna Bold seperti fungsi cut and paste.

Kabarnya, Blackberry Bold 9900 yang bakal diproduksi kembali merupakan ponsel yang berbasis sistem operasi BlackBerry OS 7 yang maish lawas. Secara khusus, Smartphone ini pun masih memiliki bagian sabuk navigasi di bawah layarnya seperti yang disebut Chen diatas.

Perangkat lama yang berbasis OS 7 dari BlackBerry ini memang masih jauh lebih populer jika dibanding platform OS 10 yang menjadi andalan baru perusahaan tersebut. Kita bisa melihat pada kuartal fiskal empat yang laporannya dirilis minggu lalu saja, BlackBerry menyebutkan bahwa dari 3,4 juta perangkat yang sukses terjual, ternyata 2,3 juta diantaranya merupakan perangkat OS 7 yang dihuni oleh Bold 9900.

Ketimbang menggencarkan promosi BlackBerry 10, justru Chen lebih memilih untuk mengambil langkah pragmatis dengan memanfaatkan popularitas produk yang lama. Bahkan secara meyakinkan, Chen mengatakan bahwa Bold 9900 akan segera dibangkitkan kembali sebagai produk perantara antara Q10 dan Q20 yang merupakan produk terbaru.

BlackBerry-Dakota-Bold-9900

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *