Bocoran Stylus Buatan Apple Yang Fleksible

By on March 21, 2014
Screen-Shot-2012-12-31-at-16.39.03

Sebuah anggapan bahwa Apple tidak akan butuh stylus yang merupakan sesuatu yang pernah dilontarkan oleh co-founder Apple sendiri yakni Steve Jobs, mungkin saja dalam waktu dekat ini tidak akan berlaku. Belakangan ini, Apple Insider mendapatkan bocoran paten yang telah didaftarkan pihak Apple sendiri, dan bentuknya sangat mirip dengan peranti tersebut.

Sebelumnya, peranti stylus ini sempat menjadi tren berkat perangkat PDA yang banyak digunakan sebagai alat bantu input ataupun sebagai navigasi antarmuka. Produsen yang menyematkan piranti tersebut salah satunya adalah Samsung dengan lini Galaxy Note-nya. Akan tetapi alat bantu stylus tersebut sebelumnya belum pernah diproduksi oleh Apple sendiri, dan ini juga lah yang memperkuat penyataan Steve Jobs tersebut.

Seperti dikutip dari Apple Insider, pada Kamis 20/3/2014, yang menuliskan bahwa paten tersebut dijelaskan pihak Apple sebagai peranti input yang akan memiliki ujung pena yang bisa diperpanjang dengan mudah, selain itu juga piranti ini bisa digunakan untuk menulis ataupun menggambar garis dengan ukuran tertentu saja, smeua itu tergantung dari panjang ujung penanya tersebut. Stylus tersebut sebanarnya ditujukan untuk perangkat multi-touch seperti iPad dan lainnya.

Teknologi yang sedang dikembangkan Apple tersebut memungkinkan bahwa stylus tersebut akan mampu untuk menggambar garis yang berbeda dengan cara menggunakan ujung pena yang berbahan konduktif. Untuk besaran diameter garis yang dibuat oleh pena tersebut bergantung pada jarak ujung pena dengan kerangka stylus itu sendiri.

Selain itu juga, ternyata dari paten tersebut juga terungkap bahwa bahan yang nanitnya akan digunakan sebagai ujung pena tersebut ternyata sangat fleksibel dan pastinya lebih lembut sehingga tidak akan menimbulkan goresan. Dengan demikian, hal tersebut berarti semakin panjang pena diulur dari bodi stylus tersebut, maka secara otomatis akan bisa melengkung saat ditekan tanpa harus takut mencederai perangkat tersebut.

Tentu saja hal tersebut sengaja dibuat oleh pihak Apple agar memberikan kesan kepada pengguna bahwa mereka seolah-olah sedang menggunakan kuas yang sangat lembut. Selain itu juga para penggunanya bisa mengubah panjang stylus tersebut dengan hanya menggunakan actuator ataupun mekanime switch yang nanitnya akan diintegrasikan ke dalam bodi kerangka stylus itu sendiri.

Kita lihat saja ananit, akankah paten ini akan diwujudkan oleh Apple pada kemudian hari? Yang pastinya satu-satunya perangkat yang akan sangat cocok untuk disandingkan dengan paten stylus tersebut adalah iPad Pro yang memang memiliki layar yang sangat lebarlebar. Selain itujuga kabarnya Apple sendiri sedang mendesain iPad Pro untuk mereka yang berada di bidang pendidikan. Akan tetapi kita tahu bahwa tidak semua paten yang dimiliki Apple akan berwujud dalam sebuah produk. Kita tahu bagaimana bocoran paten yang dimiliki Apple sering kali beredar tanpa pernah terwujud nyata menjadi sebuah produk.

 140254414.03-.20-Stylus-3-780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *