Blackberry Z3 Sudah Resmi Di Perkenalkan Di Jakarta

By on May 13, 2014
1113081BlackBerry-Z3780x390

Kemarin BlackBerry meluncurkan ponsel pintar terbarunya yang diberi nama BlackBerry Z3. Produsen smartphone asal kanada ini juga memboyong produk terbatas BlackBerry Z3 Edisi Jakarta khusus untuk pasar Indonesia. Acara peluncuran BlackBerry Z3 di Indonesia dilakukan langsung oleh CEO BlackBerry sendiri, yakni John Chen di Ritz Carlton Jakarta.

Seperti kita ketahui, BlackBerry Z3 ini merupakan ponsel pertama BlackBerry yang dirakit langsung oleh pemanufaktur Foxconn setelah keduanya pada 2013 lalu mengumumkan kemitraan untuk lima tahun ke depan. Blackberry Z3 ini hadir dengan desain layar sentuh penuh berukuran 5 inci.

Untuk spesifikasi lengkapnya, layar tersebut ternyata mendukung resolusi QHD dengan resolusi 960×540 piksel. Selain itu, satu yang menarik perhatian kita adalah perangkat ini berjalan dengan sistem operasi BlackBerry versi 10.2.1 yang sudah memungkinkan untuk memasang aplikasi Android berformat APK dalam ponsel ini.

Untuk dapur pacunya sendiri, Blackberry Z3 ini ditenagai oleh prosesor Qualcomm Snapdragon 400 dengan kecepatan 1,2 GHz dual-core Cortex-A7, dengan RAM sebesar 1,5 GB, dan memori internal berkapasitas 8 GB yang dapat diperluas dengan memori eksternal MicroSD sampai 64 G.

Khusus di bagian belakangnya sendiri terdapat kamera 5 megapiksel dan di bagian depan terdapat kamera 1,1 megapiksel yang bisa digunakan untuk berfoto selfie atau bisa digunakan sebagai webcamp. Pihak BlackBerry juga tidak lupa membenamkan fitur radio FM di ponsel ini sebagai salah satu alternatif pilihan hiburan untuk pemakainya.

Dengan mengusung kode nama Jakarta dalam ponsel ini seolah menandai bahwa pihak Blackbery menggantungkan harapan besar pada pasar Indonesia. Jika dibandingkan dengan para kompetitornya, Blackberry Z3 ini menawarkan spesifikasi yang lumayan mumpuni untuk ukuran harga resminnya yang akan dipatok pada kisaran harga 2,2 juta rupiah saja.

Misalnya kapasitas RAM Blackberry Z3 mencapai 1,5 GB yang merupakan jumlah yang lebih besar jika dibandingkan rata-rata smartphone sekelasnya. RAM sebesar itu nanitnya akan diperlukan untuk menangani OS BlackBerry 10 sekaligus sebagai Android Runtime yang memang dikenal rakus memori.

BlackBerry Z3 ini merupakan ponsel pertama BlackBerry yang di lengkapi dengan OS 10.2.1 secara default. Salah satu fitur bawaan dari sistem operasi tersebut adalah pengguna bisa memasang aplikasi Android secara langsung dari bentuk file APK tanpa harus melakukan sideloading terlebih dahulu.

Tentu saja ini menjadi fitur yang layak jadi sorotan untuk menyiasati belum adanya aplikasi native tertentu pada toko BlackBerry World, contohnya saja jejaring sosial Path. Tapi yang namanya bukan program native, maka pastinya tidak semuanya bisa berjalan mulus. Biasanya masalah pun akan muncul ketika aplikasi Android ini membutuhkan update karena perangkat BlackBerry ini tidak bisa melakukan update secara otomatis.

0250527blackberry-z3-5780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *