BlackBerry Yakin Masih Bisa Berjaya Kembali

By on February 23, 2014
BlackBerry Yakin Masih Bisa Berjaya Kembali

Sepertinya kabar akan hadirnya produk BlackBerry bernama BlackBerry Jakarta memang benar. Ternyata BlackBerry memang sudah lama ingin membuat smartphone khusus untuk warga negara Indonesia. Hal tersebut untuk menghargai para konsumennya yang berada di tanah air. Diketahui, smartphone terbaru keluaran BlackBerry khusus untuk warga indonesia tersebut  akan diberi nama persis seperti rumor yang sudah beredar yakni BlackBerry Jakarta atau BlackBerry Z3 dan akan diperkenalkan pada bulan ini.

John Chen yang merupakan CEO BlackBerry mengaku optimis untuk pembuatan smartphone yang satu ini. Dia yakin bahwa BlackBerry mulai titik ini akan kembali berjaya. Akan tetapi, meski demikian sepertinya Chen lupa pada kondisi yang terjadi di Indonesia. Beberapa tahun lalu memang BlackBerry menjadi merek smartphone idola hampir di seluruh dunia termasuk Indonesia. Hal ini disebabkan oleh keyboard fisik serta eksklusivitas layanan BBM atau BlackBerry Messenger pada smartphone asal perusahaan Kanada tersebut.

Tetapi seiring berjalannya waktu, kehadiran smartphone dengan layar sentuh mulai mengancam ekosistem dari BlackBerry. Smartphone yang paling berpengaruh adalah  perangkat yang berasal dari perusahaan Apple dan Samsung. Kedua perusahaan tersebut mampu merajai pasar dengan sangat cepat meninggalkan BlackBerry di belakang.

Satu-satunya nyawa BlackBerry yang mampu membuat BlackBerry bertahan adalah negara-negara berkembang seperti Indonesia yang warganya masih mau mempertahankan penggunaan smartphone dari perusahaan tersebut. Tetapi itu adalah hal yang terjadi dulu. Saat ini Indonesiapun rupanya dikabarkan sudah mulai meninggalkan BlackBerry dan beralih ke smartphone lain.  Hal tersebut telah terungkap melalui data dari IDC atau International Data Corporation yang menyebutkan bahwa 11 juta unit smartphone BlackBerry yang dikirimkan ke Indonesia tahun lalu telah mengalami penurunan yang sangat drastis.

Masyarakat Indonesia khususnya yang berada di Jakarta sepertinya sudah tidak lagi tertarik pada produk dari BlackBerry. Hal tersebut diperkuat dengan informasi berdasarkan dari penuturan para pedagang handphone di ibukota yang menyebutkan bahwa penjualan produk BlackBerry sangat sepi bahkan hampir mandeg. Dalam sehari mungkin hanya terjual satu atau dua produk, bahkan kadang-kadang juga sama sekali tidak ada yang terjual dalam satu hari. Hal ini tentu menjadi sebuah indikasi bahwa pamor dari BlackBerry sepertinya kian hari kian menurun di Indonesia.

Menanggapi pernyataan tersebut, John Chen seperti yang dikutip Phone Arena menyatakan bahwa pihaknya tetap melihat Indonesia sebagai pasar yang baik bagi produknya. Bagaimana pun juga, Indonesia tetap sebuah negara penting bagi kami, kata Chen.  Lalu bagaimana menurutmu? Apakah kehadiran dari BlackBerry Jakarta ini akan membuat pamor BlackBerry meningkat kembali di tanah air? Ataukah menjadi usaha yang sia-sia dari perusahaan asal Kanada tersebut. Jika melihat persaingan smartphone di masa ini tentu tidak akan mudah untuk BlackBerry menarik kembali minat warga Indonesia.

BlackBerry Siap Luncurkan SmartPhone Canggih di Bulan September

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *