BlackBerry Leap Jadi Seri Terakhir Ponsel Dengan OS BB 10

By on April 10, 2016
Blackberry Leap

Setelah memutuskan untuk menganak tirikan sistem operasi yang dibesarkannya, BlackBerry kini memutuskan untuk mengambil seri BlckBerry Leap sebagai ponsel terkahir yang mengususng sistem operasi BlackBerry 10. Lantas, kemanakah arah bisnis BlckBerry di masa depan?

Sudah bis di tebak, bisnis ponsel BlckBerry dikabarkan akan lebih fokus untuk memproduksi perangkat dengan siste operasi milik Google, yakni Android. Bahkan untuk tahun ini, perusahaan asal Kanada tersebut dikabarkan sedang mempersiapkan 2 seri ponsel BlckBerry dengan OS Android.

Seperti dilansir dalam SlahsGear, dalam sebuah wawancara khusus, John Chen, selaku CEO BlackBerry, menyatakan jika platform besutannya itu lambat laun memang akan mulai ditinggalkan, terutama hingga akhirnya tidak bisa berkembang lagi.

Sebagai contoh, beberapa waktu yang lalu WhatsApp menyatakan jika mereka akan mencabut dukungan aplikasi mereka untuk OS BlackBerry. Bahkan pengguna ponsel dengan OS BlckBerry hanya memiliki waktu hingga akhir tahun ini untuk bisa menikmati layanan pesan instan tersebut.

Tidak hanya itu, Facebook pun sudah memutuskan tidak akan memberikan dukungannya untuk BlckBerry. Setelah dua layanan populer tersebut, kemungkinan besar layanan lainnya pun akan mengikuti langkah Facebook dan WhatsApp untuk emncabut dukungannya terhadap OS BlackBerry.

Apakah ini pertanda BlckBerry 10 sudah berkahir?

Mengenai hal ini, Chen mneyatakan jika para pemilik BlackBerry 10 akan terus menerima update software sampai batas waktu yang ditentukan. Walaupun begitu, pihaknya menyatakan tidak akan terlalu fokus untuk mengembangkan OS tersebut.

Sebenarnya, bisnis BlckBerry di pasar smartphone ini sendiri tergolong masih menduga-duga pasar. Sebelumnya, Chen sempat menyatakan akan berhenti dari bisnis ponsel jika ponsel Android mereka, BlackBerry Priv, tidak laku dipasaran.

Blackberry Leap

Sedangkan kalau melihat catatan penjualan di akhir Februari kemarin, BlackBerry hanya mampu menjual ponsel Androidnya sebanyak 600.000 unit. Jumlah ini mengalami penurunan ketimbang tahun sebelumnya yang sanggup menjual sebanyak 100.000 unit.

Apakah ini tanda bendera putih akan dikibarkan BlckBerry di pasar smartphone? atau apakah Chen tidak akan menyerah dan terus memproduksi perangkat Android sampai nama BlckBerry kembali masuk sebagai penguasa pasar ponsel? Kita tunggu saja nanti!

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *