BlackBerry Gulung Tikar Jika Tidak ada Inovasi

By on March 8, 2014
BlackBerry Gulung Tikar Jika Tidak ada Inovasi

Kita semua tahu bahwa popularitas BlackBerry di tahu-tahun kemarin menjadi raja para ponsel pintar dan bahkan mampu menjadi inspirasi jenis keypad dengan QWERTY-nya tersebut kini semakin jatuh dan bahkan bisa di bilangs udah terpuruk. Di tahun 2013 yang lalu, ternyata secara mengejutkan produk-produk dari perusahaan asal Kanada ini bisa dikatakan tidak mampu meraih sukses besar di banyak negara di dunia, dan kali ini justru popularitasnya di Amerika Serikat sendiri ikut tumbang dikalahkan oleh perangkat yang berbasis Windows Phone.

Tentu saja, dengan market share yang hanya sebesar 3,1 persen saja, mau tidak mau posisi BlackBerry ini harus diungguli oleh beberapa perangkat yang berbasis Windows Phone yang memang sudah didominasi oleh produk buatan Nokia, dan bahkan menurut analisis dari comScore mengatakan bahwa dari persentase keseluruhan produk yang dipasarkan di Amerika Serikat tersebut, ternyata perangkat yang berbasis Android masih belum tergoyahkan di posisi puncak dan diikuti oleh perangkat yang berbasis iOS.

Untuk posisi berikutnya ternyata secara mengejutkan diambil oleh Nokia. Brand yang sempat tenggelam dan hampir dikatakan sekarat di masa jaya BlackBerry dan iPhone tersebut kini popularitas kembali melesat dengan cepat, beberapa pengamat mengatakan bahwa keberhasilan Nokia ini dipengaruhi oleh 2 hal yang utama, yaitu diakuisisinya Nokia oleh Microsoft dan juga diproduksinya perangkat yang berbasis Android yang memang telah diperkenalkan sejak bulan Februari kemarin.

Tentu saja, dengan semakin merosotnya popularitas perusahaannya ini, BlackBerry mau tidak mau harus benar-benar mampu memutar otak dan juga harus mampu mengatur strategi lagi agar dapat tetap hidup dan juga kembali bersaing di ekosistem mobile global ini. Bahkan menurut beberapa pengamat, BlackBery harusnya meniru kebangkitan Nokia dan mempelajari bagaimana mereka bisa bangkit kembali setelah hampir terperosok sangat dalam karena tidak mampu bersaing dengan ponsel-ponsel pintar yang terus berkembang.

Apabila BlackBerry ini tidak bisa bangkit kembali dan bersaing dengan produsen lainnya, maka mau tidak mau BlackBerry ini harus siap-siap gulung tikar dengan cepat karena selama ini BlackBerry tidak memiliki produk andalan lainnya selain BlackBerry Messenger yang kini tidak se-eksklusif dulu dan juga sistem enkripsi data yang kabarnya di klaim jauh lebih aman jika dibandingkan Android ataupun iOS.

Sebenarnya, baik pihak BlackBerry maupun Microsoft dahulu memang pernah sedikit mengumumkan bahwa BlackBerry Messenger  yang selama ini hanya bisa di nikmati di BlackBerry, berbagai perangkat yang berbasis Android dan juga iOS juga akan hadir di smartphone Windows Phone berikutnya. Walaupun memang sampai sekarang ini belum ada tanda-tanda akan dirilisnya BBM ke perangkat Windows Phone, akan tetapi berita tentang kepastian akan kehadiran platform andalan BlackBerry tersebut sudah jelas dan bahkan sudah dapat di pastikan.

BlackBerry Siap Luncurkan SmartPhone Canggih di Bulan September

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *