Blackberry Gak Jadi Berhenti Dari Bisnis Ponsel

By on April 11, 2014
2304095BlackBerry-Office780x390

Setelah kemarin kita sempat menampilkan berita yang mengatakan Blackberry akan berhenti menjual Smartphone karena alasan rugi terus, ( sebagai catatan : berita tersebut ditulis kantor berita Reuters yang merupakan hasil wawancara mereka dengan CEO BlackBerry John Chen yang menyatakan bahwa perusahaan tersebut akan keluar dari bisnis perangkat jika terus menerus mengalami kerugian) kini justru Chen berkata lain.

Dalam berita sebelumnya, pihak Blackberry mengatakan bahwa perusahannya bisa saja berhenti membuat smartphone kalau dipandang perlu dilakukan secara perhitungan finansial. Bahkan secara jelas, Chen mengatakan jika dirinya tidak bisa mendatangkan uang dari bisnis handset ini,   maka dirinya tidak akan terjun lagi ke bisnis perangkat ponsel pintar.

Tentu saja, beberapa saat setelah pemberitaan tersebut meluas lewat banyak sekali portal berita lainnya, Chen justru kembali mengeluarkan klarifikasi yang berbeda dalam sebuah posting blog resmi Blackberry. Dalam postingan tersebut, Chen mengatakan bahwa wawancara yang dilakukannya dengan Reuters telah dibawa keluar konteks dan menggiring dirinya untuk menegaskan bahwa Blackberry telah lempar hamduk, tapi perlu diketahui bahwa pernyataan tersebut tidak berarti bahwa Blackberry berniat untuk keluar dari bisnis ponsel pintar.

Chen juga menambahkan bahwa dirinya tahu bahwa banyak sekali orang yang masih suka dengan perangkat BlackBerry ini. Dan Chen juga menyukai mereka dan tahu bahwa perangkat-perangkat tersebut menjadi pondasi perusahaan yang sangat kuat.  Saat ini, fokus Blackberry sekarang adalah menemukan cara untuk mendatangkan untung dari bisnis ini supaya mampu menutupi semua kerugian yang beberapa waktu ini dideritanya.

Selain itu, dia menjelaskan bahwa Blackberry bukanlah sebuah perusahaan yang hanya akan bergantung dari penjualan ponsel saja, tapi pihaknya mengaku mampu menghadirkan solusi end-to-end di mana handset ini merupakan salah satu bagian kecilnya.

Pernyataan ini seoralh menegaskan bahwa pendapatan bisnis ponsel Blackberri ini turut didukung oleh pemasukan dari bisnis lainnya seperti layanan enterprise yang mereka jalankan, software khusus, dan messaging yang kita knal sebagai BBM atau Blackberry Messenger. Chen juga menambahkan bahwa Blackberry turut berinvestasi di teknologi machine-to-machine yang nantinya akan menjadi tulang punggung Internet of Things.

Dan yang terakhir, secara khusus dia menyatakan bahwa BlackBerry akan terus melanjutkan bisnis ponsel dan akan kembali merilis perangkat dengan keyboard ikonik dan fitur lain yang identik dengan perusahaan asal Kanada tersebut. Mereka tidak akan berhenti dan pihaknya sangat percaya bahwa Blackberry akan segera bangkit dari keterpurukan ini.

Chen meyakinkan kepada para pecinta produk Blackberri bahwa pihaknya akan terus berjuang dan ini hanya masalah waktu saja. Pihaknya masih belum mau menyerah dan tidak akan meninggalkan bisnis perangkat ini. Lagian menyerah bukan pilihan yang akan dia ambil untuk Blackberry ini.

 1735417CEO-BlackBerry-John-Chen780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *