Vendor BlackBerry Akan Bangun Pabrik di Indonesia

By on May 23, 2014
1. Vendor BlackBerry Akan Bangun Pabrik di Indonesia  1

Blackberry telah secara nyata melihat pasar Indonesia adalah pasar terbesar Blackberry di dunia dan aktivitas pengguna Blackberry telah menjadi inspirasi perusahaan asal Kanada tersebut menciptakan BlackBerry Z3 Jakarta. Rupanya masyarakat Indonesia sadar bahwa mereka adalah pasar terbesar dan merasa di sanjung tatkala ada produk Blackberry yang memakai nama Jakarta sebagai salah satu nama resmi produk besutan Kanada ini, dan karena sifat-sifat orang Indonesia, maka masyarakat langsung saja berharap bahwa vendor Blackberry akan bangun pabrik mereka di Indonesia.

Mungkin ini harapan segelintir orang, namun dirasa keinginan tersebut berlebihan. Bayangkan saja, baru nama Jakarta saja yang dipakai di produk Blackberry murah, sudah langsung minta Blackberry juga membangun pabrik mereka di Indonesia. Dari pihak Blackberry sendiri sampai saat ini masih menunjukkan keengganan untuk membangun pabrik di Indonesia. Bahkan sang CEO Blackberry, John Chen menyatakan bahwa tidak pernah terbersit dalam pikiranya dan juga para pemegang saham di Blackberry untuk membangun pabrik diluar Kanada.

Selama ini vendor Blackberry memproduksi ponselnya di pabrik yang mereka miliki sendiri dan ketika diminta membangun pabrik di luar Kanada, mereka berkata bahwa pabrik mereka masih mampu memenuhi permintaan akan perangkat Blackberry. Bahkan Chen berdalih jika ia akan mengoptimalkan produksi fasilitas yang mereka miliki sendiri untuk membuat perangkat kelas premium sementara untuk Blackberry kelas non premium atau kelas bawah akan diserahkan kepada perusahaan Foxconn yang telah dikontrak selama lima tahun untuk memproduksi Blackberry Jakarta dan blackberry untuk kualitas menengah.

Foxconn dipilih sebagai mitra produksi karena pabrikan ini telah terbukti sebagai salah satu produsen yang mempunyai fasilitas dan kemampuan yang cukup untuk memproduksi Blackberry kelas menengah. Terlebih lagi Foxconn mampu memproduksi perangkat Blackberry dengan jumlah yang lebih besar karena Blackberry kelas menengah memang kebutuhan pasarnya jauh lebih besar daripada yang perangkat kelas premium. Foxconn yang berbasis di Taiwan adalah yang paling cocok karena selama ini juga sudah memproduksi perangkat-perangkat seperti aksesoris komputer dan sebagainya.

Jadi tentang kemungkinan vendor Blackberry bangun pabriknya di Indonesia adalah seperti pungguk merindukan bulan. Sulit bagi perusahaan sekelas Blackberry untuk mau membangun pabrik di Indonesia yang telah terkenal para buruhnya yang suka demo belum lagi kalendernya yang banyak tanggal merahnya. Masih banyak negara yang mempunyai kelebihan dalam hal pekerja yang lebih murah dengan dedikasi yang lebih baik, lahan yang lebih murah, dan birokrasi yang bersih selain Indonesia.

Jadi lebih baik lupakan saja Indonesia menjadi tempat Blackberry membangun pabrik-pabriknya. Tentunya mereka akan lebih memilih untuk membangun di negara lain, kalau memang mereka mempunyai rencana untuk membangun pabrik baru di luar Kanada.

vendor balckberry, harga blackberry, pabrik blackberry, bbm, blackberry

BACA JUGA:

Blackberry Z3 Terlihat Lebih Mewah Dan Kokoh

BlackBerry Jakarta Diantar Sendiri Oleh CEO Blackberry ke Indonesia

About Tekno Journalist

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *