Smartphone BlackBerry Akan Musnah Dari Pasar

By on August 4, 2014
3. Smartphone BlackBerry Akan Musnah Dari Pasar 2

Diakui maupun tidak akhir-akhir ini blackberry semakin lemah saja dalam melakukan penetrasi pasar. Jika dulu Blackberry sangat berjaya dan pernah menjadi perangkat yang identik dengan kemewahan dan kecanggihan, namun tidak lagi untuk saat ini. Dilaporkan penguasaan pangsa pasar Blackberry tahun ini menurun sampai dibawah 1%. Secara detail perusahaan riset pasar Strategy Analytic mengungkap bahwa smartphone Blackberry mengalami penurunan drastis dari 2,4% menjadi hanya 0,6% saja pada kuartal kedua 2014 ini.

Bahkan sudah ada situs yang memasukan Blackberry kedalam daftar perusahaan yang akan gulung tikar di tahun 2015 mendatang. Jika ini terjadi maka nasib Blackberry akan sama dengan Nokia yang kini berganti nama menjadi Microsoft Mobile. Kesalahan Nokia dulu sangat simple, mereka merasa menguasai pasar dan merasa sangat kuat sehingga memandang sebelah mata ketika Google menawarkan OS Android dan menggratiskannya.

Akhirnya Nokia kalah saing dengan Android yang memberikan banyak sekali fitur-fitur istimewa yang tidak bisa dilakukan oleh Nokia. Dari hal sepele ini akhirnya Nokia yang dulunya adalah raja ponsel dunia menjadi ambruk dan hampir bangkrut sebelum dibeli oleh Microsoft. Dan setelah dibeli, Microsoft akhirnya memecar sekitar 18 ribu pegawai Nokia. Hal ini kemungkinan besar akan terjadi juga kepada Blackberry.

Blackberry terlalu percaya diri dan menganggap sebelah mata Android dan juga iOS. Dan akhirnya kini Android adalah yang menggerus pangsa pasar atau market share yang dipunyai oleh Blackberry. Dari yang dulunya berjaya, kini Blackberry hanya menguasai dibawah 1% saja. Maka tidak salah jika dikatakan bahwa smartphone Blackberry akan musnah dari peredaran dan bahkan perusahaanya akan bangkrut.

Penurunan market share Blackberry ini disebabkan tidak banyak orang yang mau membeli produk Blackberry 10 terbaru dari perusahaan Kanada ini. Blackberry 10 kurang diminati bukan karena jelek namun karena kalah saing dengan perangkat Android yang menawarkan lebih. Diakui atau tidak, senjata utama Blackberry adalah fitur BBM dan keamanan, sementara perangkat lain mampu menawarkan ratusan fitur yang lebih banyak dan variatif.

Kecenderungan para pengguna smartphone sekarang adalah mempergunakan perangkat milik mereka tersebut untuk menjelajah internet dengan bebas, mendownload aplikasi gratis sepuasnya, dan bermain game-game berat. Blackberry tidak bisa melakukan itu semua sehingga jika smartphone Blackberry akan musnah, maka hal itu bisa menjadi kenyataan.

Namun penurunan market share tidak saja terjadi pada Blackberry karena hal yang sama terjadi pasa semua OS, kecuali Android. iOS dan Microsoft Windows Phone juga mengalami penurunan walau tidak sebanyak Blackberry. Sementara itu platform Android mengalami peningkatan dari 80,2% menjadi 85% pada kuartal kedua tahun ini. Hal I ni berarti Android ikut andil dalam penurunan marketshare Blackberry dan beberapa OS  yang lain.

smartphone, blackberry, bb, hp blackberry, bbm

BACA JUGA:

BlackBerry Z3 Jakarta – Smartphone Murah Jeroan Premium

Aplikasi Berkirim Pesan Gratis Masih Didominasi BlackBerry Messenger

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *