Pembayaran Dengan BlackBerry Akan Segera Terwujud

By on June 14, 2014
1. Pembayaran Dengan BlackBerry Akan Segera Terwujud 1

Sebentar lagi mungkin Anda tidak akan memerlukan kartu kredit untuk membayar barang belanjaan yang Anda beli secara online dan tidak online. Selain rentan penipuan, kartu kredit yang berasal dari Indonesia lebih sering diragukan dan karenanya ditolak oleh beberapa toko online yang berada di luar negeri. Oleh sebab itu, BlackBerry sebentar lagi akan memberikan solusi dengan memberikan solusi layanan pembayaran dengan BlackBerry.

Bagaimana bisa perangkat BlackBerry Anda untuk melakukan pembayaran? Yang jelas Anda tidak perlu menjual BlackBerry dan uangnya untuk membayar belanjaan Anda, karena saat ini BlackBerry sudah melakukan penandatanganan kerjasama dengan EnStream, sebuah perusahaan yang didirikan oleh tiga operator komunikasi besar di Kanada yang menyediakan aplikasi transaksi antara bank dan konsumen, khususnya para pengguna BlackBerry.

Dengan kerjasama tersebut Anda akan dimungkinkan melakukan pembayaran dengan BlackBerry karena memanfaatkan infrastruktur BlackBerry maka bank dan operator ponsel bisa menyimpan informasi pribadi secara aman pada smartphone mereka, dan tidak terlepas kemungkinan bahwa yang disimpan tersebut termasuk juga informasi nomor kartu kredit. Sehingga pada saat Anda melakukan pembelian secara online, konformasi pembayaran bisa dilakukan lewat perangkat BlackBerry Anda tersebut.

Dikatakan lebih lanjut bahwa keputusan BlackBerry untuk masuk ke dunia pembayaran mobile ini hanya akan dilaksanakan selama tiga tahun dulu sembari melakukan monitoring dan pengembangan keamanan yang dibutuhkan untuk sistem pembayaran yang termasuk baru ini. Kerjasama BlackBerry dengan EnStream ini akan mempergunakan teknologi NFC Near Field Communication, yaitu komunikasi antara perangkat BlackBerry Anda dengan mesin EDC.

Bisnis pembayaran mobile ini memang merupakan terobosan baru yang dilakukan oleh CEO baru BlackBerry, yaitu John Chen. Ia berharap bahwa perluasan bisnis ke bisnis pembayaran mobile ini akan menarik minat banyak orang untuk mempergunakannya dan menghasilkan pendapatan untuk BlackBerry. BlackBerry merencanakan untuk memasang aplikasi pembayaran mobile ini pada perangkat yang sudah mempergunakan sistem operasi BlackBerry 10.

BlackBerry sendiri yakin bahwa bisnis pembayaran dengan BlackBerry akan benar-benar terwujud karena sebelumnya BlackBerry juga telah mempunyai teknologi yang memungkinkan komunikasi machine to machine hanya dengan mendekatkan kedua perangkat secara bersamaan, yaitu piranti lunak QNX yang pernah dimanfaatkan dalam industri mobil.

Di Indonesia BlackBerry sendiri juga permah mengerjakan proyek pembayaran mobile yang disebut sebagai BBM money dan aplikasinya dikerjakan oleh Agit Monitise Indonesia dan kemudian diterbitkan dan dikelola oleh Permata bank. Fungsi BBM Money adalah fitur akses ke rekening bank langsung dari ponsel BlackBerry Anda serta melakukan berbagai transaksi perbankan seperti mengirim uang dan melakukan pembayaran ke kontak BBM teman yang juga punya BBM Money. Proyek ini merupakan yang pertama dan contoh layanan pembayaran mobile yang pertama di Indonesia dimana keamanannya dilindungi secara serius dengan enkripsi, kode akses dan lain sebagainya.

blackberry, bbm, harga bb, gadget, teknologi

BACA JUGA:

Blackberry Z3. Pertaruhan Hidup Mati Blackberry

Blackberry Tidak Berminat Membuat Smartphone Murah

About Deyaparis

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *