Lenovo akan Akuisisi Blackberry

By on August 22, 2013
37.Lenovo-akan-Akuisisi-Blackberry_2

Meski beberapa waktu yang lalu Blackberry berhasil menarik perhatian dunia dengan meluncurkan handset terbarunya, hal ini tidak terlalu memberi banyak perubahan terhadap kelangsungan hidup Blackberry yang memang sedang diujung tanduk. Sejak kehadiran smartphone Android, smartphone berbasis Blackberry OS memang mengalami banyak penurunan, terlebih mengingat bahwa Blackberry masih harus bersaing dengan iOS dan Windows Phone 8. Hal ini semakin menekan posisi Blackberry. Bahkan tingkat popularitas Blackberry kini mengalami begitu banyak penurunan.

Hal yang serupa tampaknya juga terjadi dengan Lenovo, yang baru saja mengumumkan PC terbaru mereka. Dengan semakin lesunya pasar PC, Lenovo dituntut harus mampu melebarkan sayapnya ke lini lain. Karena itulah kini Lenovo mulai melebarkan sayapnya di pasar smartphone. Akan tetapi smartphone Lenovo tampaknya masih belum berhasil memikat para pengguna smartphone dunia, karena itulah ada satu opsi yang cukup menarik bagi Lenovo yakni dengan mengakuisisi Blackberry.

Kemunculan Isu Akuisisi Blackberry

Posisi Blackberry yang cukup sulit menuntut para petingginya untuk menentukan keputusan dan menimbang berbagai macam kemungkinan. Di sisi lain Lenovo tampaknya juga semakin berminat untuk memasuki pasar barunya yakni pasar smartphone. Ini memperkuat opini akuisisi antara Lenovo dengan Blackberry. Dari pernyataan Chief Financial Officer Lenovo yakni Wong Wai Ming, ia juga mengatakan bahwa pihaknya memang sedang mempertimbangkan semua peluang baik dari Blackberry maupun yang lainnya.

Pada pernyataannya, Wong mengatakan bahwa pihaknya tidak akan ragu jika ada peluang yang memang menguntungkan bagi perusahaan dan para pemegang saham. Untuk menemukan peluang yang dicari itu, Lenovo juga telah terlibat dalam perbincangan dengan pihak Blackberry termasuk dengan kalangan perbankan. Meski demikian, belum ada kepastian apakah Lenovo akan mengajukan penawaran atau tidak. Dari kabar tersebut memang ada kemungkinan bagi Lenovo untuk mengakuisisi Blackberry, akan tetapi masih belum ada kepastian apakah Lenovo benar-benar akan mengajukan penawaran atau tidak.

Isu Kebangkrutan Blackberry dan Alternatif Penyelamat Perusahaan

lenovo-akan-akuisisi-blackberry

Sejak masa-masa kejayaan RIM berakhir dan berganti nama menjadi Blackberry, sebenarnya perusahaan teknologi yang satu ini memang sudah banyak mengalami penurunan popularitas dan pendapatan. Namun hingga kini Blackberry terus berusaha untuk tetap bertahan termasuk dengan melepaskan BBM sebagai aplikasi multiplatform. Bahkan untuk menemukan keputusan terbaik pihak Blackberry juga telah membentuk komite khusus. Dari beberapa alternatif yang ada, besar kemungkinan bagi Blackberry untuk menjual perusahaan.

Jika memang keputusan tersebut diambil, maka dapat dipastikan ada beberapa perusahaan teknologi yang tertarik untuk membelinya. Selain Lenovo, raksasa mesin pencari Google juga dikabarkan tengah mengincar kesempatan ini. Akan tetapi selain Google ternyata masih ada calon pembeli potensial lain, beberapa diantaranya adalah Facebook, Microsoft, Amazon, Huawei dan Samsung. Meski demikian, masih ada kepastian apakah Balckberry memang benar-benar akan dijual atau justru akan mengambil kebijakan lain yang dinilai lebih baik

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *