Bunuh Diri BlackBerry Dengan BBM Android & iOS

By on October 27, 2013
2. Bunuh Diri BlackBerry Dengan BBM Android & iOS 1

Dibalik ilusi keberhasilan RIM dengan Blackberrynya yang telah berhasil menjangkiti Android dan iOS dengan BBMnya, banyak pihak menilai bahwa integrasi BBM ke Android dan iOS adalah bunuh diri Blackberry. Setelah berhasil membuat euforia massal dengan meluncurkan BBM untuk platform lain yang tentu saja disambut dengan antusias oleh pengguna Android dan iOS, sebenarnya Blackberry sebenarnya sedang melakukan prosesi penguburan dirinya sendiri.

Pasalnya, tidak saja banyak orang yang mengkritik langkah tersebut sebagai “janji manis penuh duri” dan banyak lagi ejekan serta sindiran yang ditujukan pada RIM dan Blackberrynya, namun juga tindakan tersebut jelas akan mengurangi jumlah pengguna Blackberry diseluruh dunia. Fitur yang digadang-gadang RIM hanyalah fitur BBM, sebuah messaging gratis setiap saat dan tidak banyak fitur lain yang lebih baik dari fitur-fitur yang dibawa oleh platform lain.

Terlebih lagi, setelah beberapa hari BBM dapat dipakai di platform Android dan iOS, banyak calon pengguna BBM ini belum dapat menikmati mengunduh dan mendapatkan pin BBM padahal mereka sudah jauh-jauh hari mendaftar lewat email di BBM.com. Apalagi tersebar kabar bahwa fitur BBM pada platform Robot Hijau dan Apel tidak akan sama dengan BBM di Blackberry dan hal  ini membuat banyak calon pengunduh BBM menjadi skeptis dan ragu-ragu.

Bunuh diri blackberry dengan BBM android dan iOS sebenarnya sudah dapat diprediksi sejak isu BBM ini digulirkan. Bayangkan saja, hanya ada satu fitur yang diunggulkan dalam Blackberry, sementara pada si Robot Hijau dan Apel ada banyak fitur dan aplikasi yang jauh lebih canggih dan dipergunakan secara gratis. Sementara itu  untuk Blackberry harus membeli paket koneksi BB yang lumayan harganya.

Dengan digulirkannya BBM untuk Robot Hijau dan Apel maka pengguna Blackberry akan ramai-ramai meninggalkan BB dan berganti ke iOS dan Android yang lebih murah dan lebih luas teknologinya. Jika sudah dapat BBMan di Android, kenapa harus beli BB? Apalagi platform Android dan iOS mempunyai banyak aplikasi gratisan yang menjadi favorit hampir 95% pengguna smartphone.

Sebenarnya ketertarikan masyarakat mengunduh BBM untuk Android dan iOS hanya disebabkan banyaknya teman-teman mereka yang memakai BB, sementara itu lebih banyak lagi instant messaging yang dapat dipergunakan di Android dan iOS seperti Whatsapps, Line, KakaoTalk, dan lain-lain yang belum tentu dapat dipakai di BB. Jelas sebentar lagi pengguna BB akan beralih ke Android dan iOS.

Sudah jelas sekarang bahwa proses bunuh diri Blackberry dengan BBMnya sedang berlangsung. Bila RIM dan Blackberrynya tidak melakukan langkah nyata perbaikan sistem dan teknologi maka beberapa tahun kedepan Blackberry akan ambruk. Jika Anda masih tertarik dengan BB dan BBM atau ingin mengunduh BBM bagi platform smartphone Anda, carilah di situs resmi dan nilailah sendiri menurut kriteria Anda.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *