BlackBerry Terpuruk

By on September 29, 2013
1, Blackberry Terpuruk

Sebanyak 40 persen  atau  sekitar 4.500 pegawai siap diberhentikan  oleh  perusahaan BlackBerry Ltd . Hal ini terkait dengan  leporan kerugian operasional kuartal ketiga tahun yang dialami oleh perusahaan. Pihak perusahaan BlackBerry mengambil keputusan ini agar dapat menekan biaya operasional.

Jika pemutusan hubungan kerja ini telah dilakukan pegawai BlackBerry akan berkurang dan hanya akan menyisakan sekitar 7000 pegai dari seluruh dunia. Berita tersebut tentunya akan berimbas pada harga saham BlackBerry serta keberlangsungan perusahaan. Dampak kabar tersebut juga dapat mengakibatkan kemunduran bagi perusahaan BlackBerry Ltd.

Pada Jumat, 20 September 2013 saham BlackBerry yang terdaftar di Toronto turun sebanyak 23,7 persen menjadi CAD $8,25, terendah dalam tahun ini, sebelum ditutup pada CAD $9,08. Sedangkan untuk saham perusahaan di Nasdaq tercatat berakhir 17 persen lebih rendah pada level AS $8,73, setelah jatuh serendah AS $8,01.

Saat ini kepopuleran BlackBerry di pasaran telah digantikan oleh produk iPhone buatan Apple Inc  serta ponsel Galaxy besutan Samsung Electronic Co Ltd. Dapat kita ketahui di Indonesia pengguna Gadget merajalela menyaingi pengguna BlackBerry yang semakin hari semakin menurun. Hal ini coba diantisipasi oleh pihak perusahaan BlackBerry dengan  berusaha mendorong penjualan bevice berbasis BlackBerry 10 agar masih tetap bisa bersang di pasaran. Hal ini ditunjukan dengan angka yang menunjukkan penurunan penjualan BlackBerry Z10.

Perusahaan BlackBerry telah mengalami kerugian yang cukup besar.  Hal ini didasarkan pada data yang dilansir oleh Reuters, pada 21 September 2013 melaporkan bahwa kerugian yang berakhir 31 Agustus, sekitar US $950 juta sampai $995 juta. Dimana kerugian ini memberikan tekanan bagi pihak BlackBerry agar dapat sesegera mungkin manyelesaikan permasalahan tersebut.

Berbagai strategi dilakukan untuk dapat menyelesaikan permasalahan BlackBerry. Walaupun strategi yang dilakukan oleh  pihak Blackberry masih diragukan keberhasilannya. Salah satu upaya menekan permasalahan BlackBerry adalah  degan cara  menjadikan Z30 menjadi ponsel high end dari BlackBerry, serta pengubahan segmentasi Z10 agar lebih menarik perhatian pasar. Meskipun strategi yang dilakukan dirasa tidak akan memberikan pengaruh yang besar, namun BlackBerry belum menyerah untuk terus berusaha mencari solusi bagi permasalahannya.

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *