Akhirnya BlackBerry Bisa Menjalankan Aplikasi Android

By on January 30, 2014
2. Akhirnya BlackBerry Bisa Menjalankan Aplikasi Android 2

Kini kekuatan Android ternyata mampu menginflitrasi produk asal Kanada, BlackBerry. Setelah sekian lama produk BlackBerry dibandrol sebagai produk ekslusif maka kini Anda yang menggunakan gadget BlackBerry akan bisa mendownload dan mempergunakan aplikasi Android pada BlackBerry Anda. Baru saja perusahaan Kanada ini meluncurkan  update resmi mereka untuk OS BlackBerry 10 yaitu BlackBerry OS 10.2.1.

Apa keistimewaan OS update ini? Menurut Vice President Global Alliances & BlackBerry Ecosystem, update BlackBerry ini akan memberikan kemampuan bagi setiap pengguna BlackBerry 10 untuk menginstal file aplikasi (APK) Android tanpa perlu mengkonversikannya terlebih dahulu dan bahkan tanpa perlu ada emulator. Namun ternyata ada sedikit keterbatasan yaitu perangkat BlackBerry tidak akan dikenali di Google Play sehingga harus ada cara lain agar BlackBerry bisa menjalankan aplikasi android.

Yang dimaksud cara lain adalah Anda harus mendownload file dari Google Play terlebih dahulu dengan gadget android atau lewat PC baru kemudian ditransfer ke perangkat BlackBerry Anda. Memang agak ribet sedikit namun cara ini lebih sederhana daripada harus mengkonversi file atau mempergunakan emulator agar BlackBerry Bisa Menjalankan Aplikasi Android. Terlebih lagi Google Play bukan satu-satunya tempat dimana aplikasi android bisa ditemukan.

 blackberry, android, smartphone, gadget

Nantinya para pengguna BlackBerry hanya perlu memanfaatkan fitur search di mesin pencari untuk mencari file APK seperti file APK dari Amazon dan Mobo Market. Beberapa aplikasi android yang sudah lancar berjalan pada BlackBerry antara lain adalah Candy Crush, Instagram, dan juga Path. Hal ini tentu saja membuat gembira para penguna BlackBerry karena mereka tidak lagi seperti katak dalam tempurung dan sekarang mampu mencoba jutaan aplikasi android yang sangat menarik dan berguna.

Namun ternyata ada “tapi”-nya.  Menurut Senior Product Manager BlackBerry South East Asia, BlackBerry Bisa Menjalankan Aplikasi Android tapi tidak semua. Dalam artian, tidak semua aplikasi android bisa berjalan 100% mulus pada BlackBerry karena memang ada perbedaan display ratio, kecepatan prosessor, dan juga rate. Jadi tidak semua android pas di BlackBerry ini.

Walaupun ada sedikit keterbatasan BlackBerry dalam menjalankan aplikasi android, pihak BlackBerry yakin bahwa update OS BlackBerry10.2.1 ini akan membawa perubahan terhadap kebiasaan pengguna BlackBerry dan membuat para users kembali menggandrungi gadget Kanada ini. Rupanya ini adalah salah satu trik dari BlackBerry untuk kembali memenangkan dominasi mereka di pasar gadget internasional setelah mereka mendepak CEO mereka yang lama.

Untuk kembali menarik para pengguna BlackBerry maka perusahaan ini juga menambahkan fitur Picture Password dan Priority Hub serta memperbaiki segala kekurangan pada OS versi sebelumnya. BlackBerry juga dikabarkan akan menghidupkan kembali fitur sukses BlackBerry yang sempat hilang namun Anda perlu menunggu sampai Anda meng-update BlackBerry Anda.

blackberry, android, smartphone, gadget

BACA JUGA:

Masalah Pada Kamera Samsung Galaxy S4 Dan Bagaimana Solusinya

Oppo Find 5 Mini, Sejauh Mana Bisa Bersaing

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *