Benarkan Touch ID Akan Jadi Fitur Standar Apple?

By on May 11, 2014
2207292Touch-ID-exploded-pic780x390

Wacana peluncuran iPhone 6 milik Apple telah lama ini menjadi perbincangan hangat di kalangan media online. Berbagai bocoran tentang iPhone 6 ini seolah menjadi berita yang paling banyak di baca dan paling dinanti untuk mengetahui update terbaru kemunculan sosok smartphone yang kabarnya akan sangat istimewa ini.

Tidak hanya masalah kemunculan iPhone. Perselisihannya dengan Samsung tentang hak paten juga sampai saat ini masih menjadi pembicaraan yang hangat. Dan kini, kembali pemberitaan tentang Apple kembali ramai di pervincangkan, tapi kali ini lebih menyentuh kepada salah satu fitur unggulan iPhone dan  iPad yang konon kabarnya akan menjadi fitur standar dari Apple sendiri.

Sebuah berita baru yang mengatakan bahwa Apple diyakini akan memperkenalkan jajaran produk iPad dan iPhone barunya pada 2014 ini telah membuat para penggemarnya seolah penasaran dengan kejutan apa yang akan di berikan Apple pada produk barunya tersebut. Ada sebuah fitur yang hadir sejak generasi iPhone 5S kemarin yang kabarnya bakal jadi fitur standar untuk semua gadget baru Apple terbaru. Kalau rumor yang beredar ini benar, tentunya fitur itu merupakan pemindai sidik jari Touch ID yang memang dikenal sangat isimewa.

Apple sendiri sebenarnya mulai memperkenalkan pemindai sidik jari Touch ID ini pada tombol home milik iPhone 5S yang di luncurkan akhir tahun kemarin. Dugaan akan hadirnya Touch ID ini sebagai fitur standar tersebut didasari pada sebuah kabar dari pelaku industri yang dilansir oleh situs teknologi BGR. Menurut informasi tersebut, pabrikan Taiwan Semiconductor Manufacturing Company kabarnya telah selesai memproduksi batch pertama dari sensor Touch ID yang rencananya akan dipasang di iPhone 6 yang akan segera rilis akhir tahun ini, pada iPad Air 2 dan iPad Mini 3 yang saat ini kemunculannya masih menjadi wacana.

Sensor canggih tersebut dibuat khusus oleh Xintec dan Suzhou Crystal Semiconductor, yang merupakan dua anak perusahaan dari Taiwan Semiconductor Manufacturing Company itu sendiri. Dalam laporan sebelumnya menyebutkan bahwa Taiwan Semiconductor Manufacturing Company ini akan turut memproduksi sensor Touch ID pada kuartal kedua tahun 2014 ini.

Selain akan memproduksi sensor sidik jari, Taiwan Semiconductor Manufacturing Company juga kabarnya akan memproduksi sebagian dari chip 64-bit A8 yang nantinya bakal dipakai di perangkat-perangkat mobile Apple yang lahir pada tahun ini.

Sebenarnya, prediksi serupa pernah juga sempat diungkapkan pada awal April oleh analis KGI Securities, yakni Ming-Chi Kuo, yang memang dikenal mampu memprediksi produk masa depan Apple dengan sangat akurat. Pada saat itu, Kuo menyebutkan bahwa model-model iPad yang akan diluncurkan pada 2014 ini, yakini yang mencakup iPad Air 2 dan iPad Mini Retina Display model baru akan dilengkapi juga pemindai sidik jari. Benarkah demikian? Kita simak saja kepastiannya.

1625303iphone10780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *