Atasi Panas, Xiaomi Langsung Rilis Update Pendingin

By on May 29, 2015
1. Xiaomi Prediksi Mi4 akan Kalahkan Apple1

Beberapa waktu yang lalu, tersiar kabar kalau jajaran smartphone terbarunya, yakni Xiaomi Mi 4i, mengalami kegagalan sistem sehingga sangat mudah panas. Untuk mengatasi masalah ini, perusahaan asal Tiongkok ini kemudian merilis update sistem operasinya untuk mengatasi masalah tersebut.

Dalam berita sebelumnya, setelah diluncurkan di India pada bulan April 2015 kemarin, dan di Indonesia pada Minggu lalu, banyak pengguna yang mengeluhkan kalau Xiaomi Mi 4i milik mereka sangat mudah panas. Untuk itulah pihak pabrikan langsung mengirimkan update OS sebesar 804 MB.

Update yang muncul dalam seri V6.5.4.0 LXIMICD tersebut disebut-sebut merupakan sbeuah update yang berguna untuk mengoptimalkan sistem algoritma kontrol panas dalam perangkat tersebut. dengan kala lain, update Xiaomi Mi 4i terbaru ini merupakan update sistem pendingin.

Seperti dilansir dalam GSM Arena, Ja Mani, selaku Product Manager Xiaomi, menyatakan jika update yang diberikan Xaiomi merupakan update berkala. Walaupun begitu, update ini sendiri memang salah satu tujuannya adalah untuk mengatasi panas para perangkat yang belakangan ini banyak dilaporkan.

Di dalam update tersebut, Ja Mani menyatakan terdapat sistem untuk mengoptimalkan algoritma kontrol panas supaya pengaturan temperatur menjadi lebih baik ketimbang sebelumnya. Tidak hanya itu, di dalamnya juga terdapat beberapa update lainnya yang berkaitan dengan peningkatan performa.

Algoritma kontrol panas ini sendiri bertugas untuk mengatur frekuensi dan voltase yang terdapat dalam jumlah inti prosesor yang digunakan. Dengan kata lain, seluruh suhu perangkat ini akan lebih bergantung kepada temperatur chipset, sehingga panas perangkat akan lebih merata.

Seperti diketahui, Xiaomi Mi 4i mengusung chipset Snapdragon 615 MSM8939 besutan Qualcomm, dengan prosesor quad-core Cortex-A53 berkecepatan 1,7 GHz. Tidak hanya itu, untuk pengolahan grafisnya, perangkat ini hadir dengan GPU Adreno 405, yang menjanjikan kualitas gambar lebih baik.

Xiaomi-Mi4

Dengan update ini, hal ini semakin membuktikan jika Xiaomi memang berkomitmen untuk terus menjaga pelanggannya supaya tetap betah menggunakan perangkatnya. Seperti kita ketahui, sebelumnya Xiaomi juga sempat mendapatkan banyak pujian karena cepat tanggap dengan keluhan para penggunanya.

Tidak jarang keluhan pengguna ini langsung mereka jawab dengan kehadiran sebuah perangkat seri terbaru, seperti halnya Xiaomi Mi 4i yang hadir karena keluhan masyarakat yang ingin menikmati Xiaomi Mi4 dalam versi yang sedikit murah.

About Techno Freak

4 Comments

  1. raka

    June 2, 2016 at 4:29 am

    Maaf saya mau nanyak kenapa hp xiaomi mi4 saya cepat panasnya, mohon solusi nya

    • Melisa

      September 1, 2016 at 10:42 am

      itu semua karena kamu masih pake MIUI yg lama. Coba deh kamu upgrade

      • Muhammad Yusuf

        September 28, 2016 at 3:50 am

        knpa xiomi mi4 saya cepat panas dan saya pakai MIUI 8 Global 6.9.1 | Beta

        tolong donk info dan solusinya….

        makasih

        • Melisa

          September 29, 2016 at 4:00 am

          itu sebenernya kelemahan Xiaomi Mi4 series gan. untuk sementara, solusi tetapnya belum bisa ditemukan. namun jika agan bisa masuk forum Xiaomi Internasional, agan akan nemuin sebuah akun dengan gambar crayon sinchan yg udh ngasi kita saolusi buat rooting Xiaomi dan berkurang panasnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *