Apple siapkan Safir dan Kamera Khusus Untuk iPhone 6

By on May 4, 2014
iPhone 6

Selama ini rumor yang beredar dipasaran mengatakan bahwa Apple bakal menggunakan material batu safir untuk membuat ponsel iPhone 6 terbarunya nanti. Menurtu kabar terbaru, pihak Apple sendiri dikabarkan akan mulai mengirim material kaca safir tersebut ke perusahaan manufaktur di China sebagai bukti bahwa mereka benar-benar serius dengna fitur istimewa ini.

Menurut laporan dari Ubergizmo, yang rilis pada Kamis (01/05/2014) kemarin, mengatakan bahwa berdasarkan laporan perusahaan UBS Securities yang mengatakan bahwa Apple sekarang ini telah mulai mengirim material kaca safir yang akan dikerjakan oleh perusahaan GT Advanced Technologies di Arizona kepada mitra manufaktur di China, yakni Foxconn yang selama ini bermitra dengannya.

GT Advanced Technologies ini diprediksi memproduksi material kaca safir tersebut satu bulan yang lalu. Tapi sayangnya jumlah material kaca safir yang dikirimkan ke Foxconn tersebut saat ini masih dalam jumlah yang terbatas.

Menurut keterangan dari Tim Cook, yang merupakan CEO Apple, mengatakan bahwa beberapa waktu lalu yang mengatakan bahwa penggunaan material kaca safir ini dirahasiakan oleh pihaknya. Tapi sayangnya desas-desus yang tersiar menyebut penggunaan material safir untuk melapisi layar ponsel iPhone agar makin kuat dan tak mudah tergores terus berkembang luas. Mengingat safir merupakan material paling kuat nomor dua di dunia setelah berlian, maka sangat pantas jika ponsel istimewa ini diperlakukan sitimewa juga.

Sebelumnya juga penggunaan material kaca safir ini sudah pernah digunakan oleh Apple pada ponsel iPhone 5S kemarin. Yakni digunakan untuk melapisi lensa kamera belakangnya yang memang sangat rawan tergores, dan juga digunakan untuk meningkatkan sensitivitas pada sensor sidik jari mereka. Selain itu, kabar lain juga menyebutkan bahwa penggunaan material kaca safir ini akan dimanfaatkan juga untuk proyek pengerjaan jam tangan pintar iWatch yang selama ini banyak di tunggu-tunggu masyarakat.

Selain materi safir, kabarnya ponsel terbaru buatan Apple tersebut juga dikabarkan akan mengalami peningkatan cukup signifikan di bidang kamera yang selama ini dituding sebagai salah satu titik lemah iPhone. Menurtu laporan terbaru mengabarkan bahwa iPhone 6 ini akan menggunakan teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) yang memungkinkan ketajaman warna akan terjaga.

EIS sendiri merupakan fitur image stabilization yang jarang digunakan oleh produsen ponsel berkamera lainnya. Justru kebanyakan vendor ponsel ini menggunakan fitur Optical Image Stabilization atau OIS untuk membuat hasil jepretan kamera ponsel tidak goyang. Tentu saja pemilihan Apple dalam menggunakan EIS ketimbang OIS ini akan memiliki keuntungan lebih untuk Apple sendiri.

Seperti kita ketahui, fitur OIS ini memang memerlukan ruang yang lebih di bodi ponsel untuk menyematkan bentuk fisik kamera yang juga lebih besar. Keputusan penggunaan OIS ini juga berkebalikan dengan tujuan Apple yang ingin membuat ketebalan ponselnya menjadi lebih tipis dan elegan.

iPhone 6-1

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *