Apple Ogah Bikin iPhone Murah

By on March 18, 2014
2. Apple Ogah Bikin iPhone Murah 1

Jika Anda mendengar kata-kata Apple, iPhone, dan iOS maka yang pertama kali muncul pada pikiran Anda adalah produk-produk gadget premium berharga sangat mahal yang diproduksi oleh Apple. Memang semua produk Apple tidak ada yang murah dan tidak ada yang berkesan murahan karena semuanya memakai komponen-komponen yang berkualitas terbaik. Banyak sudah yang menyarankan agar Apple memproduksi produk gadget yang lebih terjangkau namun saran tersebut tidak pernah dijalankan walau yang memberi saran adalah salah satu pendiri Apple, Steve Wozniak.

Ternyata Apple punya alasan tersendiri kenapa meraka tidak mau bikin iPhone murah. Alasan-alasan yang mereka kemukakan antara lain adalah update sistem operasi. Apple bersikeras membuat gadget dengan harga mahal karena mereka selalu memberikan update sistem operasi untuk iPhone model lama mereka sehingga para pengguna iPhone lama tetap bisa mengikuti perkembangan jaman dan menikmati fitur-fitur yang ditemukan setelah mereka membeli iPhone mereka. Dengan begitu maka performa iPhone lama tidak akan tertinggal dengan iPhone yang terbaru dan selain itu iPhone lama akan tetap mempunyai nilai jual yang tinggi.

Apple saat serius untuk memberikan update teknologi pada iPhone lama dan ogah bikin iPhone murah. Menurut beberapa sumber yang bisa dipercaya, Apple mempunyai paten teknologi untuk meningkatkan performa perangkat lamanya. Paten yang telah didaftarkan padatahun 2011 tersebut bekerja dengan mempergunakan parameter yang didapat dari perangkat lama dengan cara memonitor sirkuit internalnya dan kemudian dipergunakan untuk memodifikasi sistem operasi agar cocok untuk teknologi terkini.

online games, apple, ios, iphone,murah

Hal-hal yang dimonitor oleh Apple antara lain adalah lokasi pengguna dan keadaan cuaca di sekitarnya yang bisa mempengaruhi daya kerja perangkat. Suhu dan juga kebiasaan pengguna bermain game juga dipantau agar kondisi iPhone lama bisa diobservasi dengan seksama dan info tersebut dipergunakan untuk membuat perbaikan-perbaikan pada update sistem mereka. Contoh update untuk iPhone lama adalah iOS 7.1 yang bisa juga diinstall pada iPhone 4 dan bahkan meningkatkan kinerjanya.

Keengganan Apple bikin iPhone murah sebenarnya tidak terlalu tepak karena sampai saat ini Apple pernah sekali memproduksi iPhone kelas menengah yaitu iPhone 4 yang sampai saat ini masih saja beredar dipasaran yang memang diperuntukkan bagi negara berkembang. iPhone 4 tergolong agak murah karena hanya mempunyai memori internal 8GB. Selain itu ada juga iPhone 5C yang juga diperuntukan pasar segmen menengah namun memang harga yang dipathok masih terlalu mahal.

Sudah sangat terkenal jika semua produk Apple mahal harganya. Bahkan di pasaran lokal Indonesia, ponsel iPhone 5C harganya jaun diatas  ponsel android Samsung Galaxy S4 yang sudah berkelas premium. Harga iPhone 5C tersebut Rp. 1,2 juta lebih mahal dari harga ponsel Samsung Galaxy S4 tersebut yang hanya dijual seharga Rp. 7,5 juta saja.

online games, apple, ios, iphone,murah

BACA JUGA:

iOS 7.1 Bermasalah di Bluetoot tapi Aman dari jailbreak

Game Angry Bird Epic Bertengger di Apple

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *