Apple Kembali Gunakan Layar OLED Samsung Untuk iPhone 7S?

By on April 18, 2016
2. Apple Beralih Ke Layar OLED Samsung dan LG 1

Di pasar smartphone, persaingan anatara Apple dan Samsung memang sulit terelakan lagi. Bahkan persaingan mereka sempat berubah menjadi ketegangan di meja hijau karena permasalahan paten design dan royalti. Kedua perusahaan ini pun saling tuntut untuk kemenangannya masing-masing.

Tapi kondisi berbeda justru terjadi di industri komponen, dimana keduanya justru terlihat masih sangat mesra dan saling ketergantungan. Salah satu buktinya adalah, sebuah kabar menyatakan jika Apple akan menggunakan komponen dari Samsung untuk memproduksi iPhone 7S.

Dalam hal ini, komponen yang dipasok Samsung mulai tahun 2017 tersebut merupakan jenis layar OLED atau Organic Light Emiting Diode. Bahkan seperti dilansir dalam Korea Herald, nilai kontrak kesepakatan kedua perusahaan tersebut mencapai USD 2,59 miliar.

Dalam kesepakatan tersebut, tertulis juga jika Samsung wajib memasok sebanyak 100 juta unit panel layar OLED dengan ukuran 5,5 inci selama satu tahun lebih.

Dengan menggunakan layar OLED tersebut, Apple kini bisa memangkas ketebalan perangkat iPhone generasi terbarunya hingga menjadi lebih tipis. hal tersebut karena layar OLED buatan Samsung tidak butuh sinar backlight, tidak seperti layar LCD kebanyakan.

Tidak hanya itu, layar OLED pun diklaim akan mampu menampilkan gambar jauh lebih tajam dan menampilkan warna yang lebih cemerlang. Walaupun memang, memproduksi layar OLED butuh ongkos produksi yang lebih tinggi serta siklus usianya yang relatif lebih pendek.

iPhone 7S

Sebenarnya, rumor mengenai penggunaan layar OLED oleh Apple tersebut telah berhembus sejak bulan Januari 2016 kemarin. Hanya saja, ketika itu Apple dikabarkan sedang mendekati dua vendor asal Korea, yakni Samsung dan LG Display.

Setelah itu, kemudian sebuah kabar terbaru berhembus yang menyatakan jika Samsung sudah menanamkan modal smapai dengan USD 7,47 miliar untuk menambah kapasitas produksi layar OLED untuk memenuhi kebutuhan Apple dalam memproduksi iPhone.

Tidak hanya Samsung, perusahaan asal Amerika tersebut pun dikabarkan akan meminta pasokan layar OLED dari LG Display serta vendor lainnya yang selama ini sudah cukup lama menjalin kerjasama dengan Apple, sebut saja AU Optronics dan Japan Display.

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *