Anti Virus Palsu Beredar Di Play Store

By on April 9, 2014
1705022virus-shield3780x390

Maraknya sistem operasi android tentu saja membuat Google Pya Store yang merupakan toko aplikasi online milik Google ini kebanjiran pengunjung, saat ini Android menjaid sisitem operasi mobile yang paling banyak dipakai dan digandrungi banyak orang. Hal  ini tentu saja didukung beragam aplikasi yang tersedia di Google Play Store. Baik itu yang gratis atau yang berbayar. Lantas, apakah aplikasi yang ada di sana semuanya aman?

Belum tentu, karena belakangan ini malware yang merajalela di platform Android menjadi momok tersendiri bagi para pengguna Android itu sendiri. Ketakutan ini rupanya dimanfaatkan oleh banyak pengembang aplikasi untuk meraih untung dengan cara menipu para pengguna Android yang ketakutan smartphone kesayangannya terserang virus.

Jika kita lihat, ternyata caranya sangat mudah. Mereka menggunakan keluguan para pengguna Android dengan membuat aplikasi anti-virus palsu yang bernama Virus Shield atau apliaksi antivirus populer. Celakanya lagi, ternyata aplikasi berbayar ini telah berhasil menipu para pengguna Android dengan menjadi salah satu judul terpopuler di toko Google Play Store dengan rating mencapai 4,7 bintang, yang berarti jutaan pengguna Android telah tertipu mentah-mentah.

Padahal, dari hasil penelusuran yang dilakukan Android Police, ternyata aplikasi tersebut sebenarnya tak melakukan apa-apa di perangkat para pengguna, terlebih lagi jika dipakai sebagai aplikasi untuk melindungi dari serangan virus. Aplikasi itu benar-benar palsu dan tidak mampu untuk mendeteksi apalagi membunuh virus yang akan mengancam smartphone android.

Setelah membedah kode aplikasi yang tersebut, Android Police juga menemukan bahwa Virus Shield hanya akan menampilkan tanda X saja lalu mengubahnya menjadi tanda centang ketika pemeriksaan sudah selesai dilakukan olehnya.

Sang pengembang aplikasi tersebut yang mengaku bisa dikontak di alamat [email protected] pun sampai sekarang tak bisa dihubungi oleh pihak Android Police. Tapi sayang, sampai saat ini banyak orang sudah terlanjur tertipu dengan mengunduh aplikasi berbayar yang dihargai sebesar 3,99 dollar AS tersebut.

Sampai Minggu kemarin, ternyata Virus Shield tercatat sudah mengoleksi angka unduhan lebih dari 10 ribu unduhan dan bercokol pada urutan pertama aplikasi berbayar terpopuler di Google Store dalam waktu hanya satu minggu saja. Untuk menarik perhatian para pengguna, sang pembuat Virus Shield itu menuliskan klaim-klaim seperti bisa melindungi secara real-time, mampu menghemat baterai dan tidak dijejali iklan apapun.

Selain itu, para pengunduh Virus Shield yang tidak sadar telah ditipu kemudian memberikan review positif sehingga aplikasi ini berhasil meraih poisisi teratas tangga aplikasi berbayar baru di Google Play Store. Bahkan lebih dari 2.600 pengguna Android merekomendasikan program palsu tersebut di Google Play Store. Saat ini Virus Shield kini telah dihapus dari Google Play Store.

1701070virus-shield21780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *