Android Silver Untuk Monitor Kualitas Smartphone

By on April 25, 2014
Android780x390

Menurut sebuah laporan yang belakangan ini banyak beredar di media online, Google dikabarkan secara diam-diam sedang mengembangkan program baru yang bernama Android Silver. Kabarnya android silver ini merupakan program eksklusif yang bertugas memilih ponsel pintar Android dari beberapa produsen dengan syarat ketat sesuai dengan keinginan Google supaya para pengguna bisa menentukan mana ponsel pintar terbaik yang bisa mereka pakai.

Dalam sebuah dokumen yang diterima oleh Android Police, ternyata disebutkan juga bahwa ponsel-ponsel yang masuk program Android Silver ini harus menjalankan sistem operasi Android versi terbaru dan hanya diizinkan melakukan perubahan dalam sistem operasi ini secara terbatas sehingga Aplikasi-aplikasi bawaan yang dibuat oleh produsen ini tidak boleh terlalu banyak sehingga akan memberatkan konerja ponsel tersebut.

Hal ini juga berarti akan membuat ponsel Android Silver ini akan mendapatkan pembaruan sistem operasi Android yang lebih tepat waktu dan lebih maksimal dalam mendapatkan pelayanan, seperti pada ponsel seri Nexus yang memang merupakan proyek Google dengan bekerja sama dengan perusahaan elektronik asal Korea, LG.

Google sendiri kabarnya memberi layanan purna jual eksklusif terhadap ponsel yang masuk daftar Android Silver ini, hal ini digunakan untuk membantu pengguna memecahkan masalah yang sedang mereka hadapi. Para karyawan yang mengurus ponsel Android Silver ini juga dilaporkan harus memiliki sertifikat khusus untuk menangani ponsel tersebut. Masih dari sumber yang sama, kabarnya kerja sama itu akan dilakukan oleh pihak Google bersama operator telekomunikasi atau produsen ponsel tersebut.

Atau dengan kata lain, ponsel-ponsel yang masuk program Android Silver akan dikontrol ketat oleh Google sendiri sehingga kualitasnya tetap terpantau dengan baik. Dokumen-dokumen Android Silver yang diterima Android Police itu juga dilaporkan dibuat pada akhir 2013 yang lalu. Tapi sayangnya sampai sekarang juga Google masih enggan berkomentar soal proyek Android Silver ini.

Kalau kita melihat secara seksama, perlakuan Google pada ponsel yang masuk Android Silver ini nampaknya akan sangat mirip dengan ponsel seri Nexus atau ponsel-ponsel Google Play Edition yang memang diperlakukan khusus oleh pihak Google.

Bahkan menurut prediksi para pakar, sepertinya program Android Silver ini akan diluncurkan pada tahun 2015 di pasar Amerika Serikat, Jepang dan Jepang di mana Google senidri akan melihat kesempatan untuk lebih bersaing dengan Apple dengan produk iPhone-nya. Setelah itu, maka program ini juga akan masuk ke negara-negara berkembang, seperti Indonesia dan sebagian besar wilayah Asia lainnya.

Dengan adanya Android silver ini, semoga saja kedepannya produk-produk berkualitas bisa terus Google hadirkan, tentunya dengan lebih mempertimbangkan lagi kemampuan daya beli dan kebutuhan konsumen secara menyeluruh.

1541385android-smartphones780x390

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *