Android Semakin Berkembang, Apple Khawatir

By on April 8, 2014
3. iTunes Android - Ekslusifitas Apple Untuk Android  2

Sejak awal kemunculannya Android memang telah mengalami banyak peningkatan yang sangat signifikan. Di samping pangsa pasar yang telah mencapai posisi dominan di seluruh dunia, ternyata ekosistem platform mobile besutan Google ini pun semakin matang dan bahkan semakin mengancam beberapa rival mereka yang memang telah lebih dahulu hadir sebagai flatform ponsel.

Hal tersebut rupanya sangat membuat khawatir pihak Apple, sebagai rival besar Google yang kini tengah berseteru dengan Samsung yang merupakan produsen perangkat Android terbesar di pengadilan AS terkait sengketa paten produk Samsung.

Terlepas dari kasus Samsung tersebut, seorang anggota tim pemasaran Apple dalam sebuah dokumen yang disiapkan untuk sebuah rapat keuangan perusahaan, mengatakan bahwa kompetitor telah meningkatkan hardware mereka secara drastis dan sedang menguasai dunia gadget, dan dalam beberapa kasus juga tentu saja lebih meningkatkan ekosistem mereka.

Isi dokumen tersebut juga diungkapkan di pengadilan sebagai bagian dari pemeriksaan silang Phil Schiller, yang merupakan wakil presiden senior Apple. Dalam dokumen tersebut juga turut ditunjukkan bahwa pertumbuhan smartphone semakin mengarah ke perangkat dengan layar yang lebih besar dengan kualitas gambar yang lebih baik, sementara segmen yang diduduki iPhone maish cenderung menciut dan bahkan kelemahan terbesar Apple adalah harga yang terlalu tinggi.

Kekhawatiran lain tentang Android adalah pemasaran agresif yang dilakukan oleh sejumlah pihak seperti Samsung dan vendor lainnya, di mana sejumlah besar dana marketing sudah disediakan untuk menyokong produk yang akan mereka luncurkan. Sedangkan di sisi lain, para operator seluler juga merasa terbatasi dengan subsidi yang harus mereka bayar kepada pihak iPhone yang membuat pihak Apple semakin ketar ketir.

Dalam kesaksiannya tersebut, Schiller mengatakan bahwa dokumen tersebut tidak mewakili sikap Apple secara keseluruhan. Walaupun demikian, ternyata dalam sebuah e-mail yang dkirimkan pada tahun 2013 yang lalu, dia juga mengaku khawatir dengan perkembangan pihak pesaing yang terus berkembang pesat.

Phil Schiller mengatakan bahwa dirinya melihat iklan pra-superbowl Samsung yang meluncur pada waktu tersebut. Dia mengatakan bahwa iklan tersebut lumayan bagus dan dia berpikir bahwa pihak Samsung akan berhasil, sementara di sisi lain pihak Apple masih berusaha membuat iklan iPhone yang singkat tapi meyakinkan publik.

Pemeriksaan silang Schiller oleh Samsung turut juga melibatkan sejumlah dokumen internal lainnya sebagai bahan pelengkap, termasuk e-mail pada tahun 2011 yang silam yang dia terima dari Steve Jobs yang menekankan bahwa perusahaannya harus segera mengobarkan perang dengan Google. Karena jika dibiarkan hal ini akan membuat Google semakin mudah untuk menguasai pasar dengan Androidnya.

2. iOS vs Android sudah terjadi sejak 2011 1

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *