Android Berhasil Mengalahkan Para Pesaingnya

By on February 19, 2014
best-android-apps-for-kids-2013

jika dilihat dari segi market share maka smartphone Android saat ini memang tengah menjadi raja di pasar smartphone dunia.

Hal tersebut didukung dengan adanya data terbaru dari Strategy Analytics pada akhir tahun 2013 lalu yang menyebutkan bahwa perangkat dengan sistem operasi Android kini berada di angka 204,4 juta atau dengan kata lain, android telah menguasai 81 persen pangsa pasar dunia gadget.

Keberhasilan dari Android di pasaran saat ini memang tidak terlepas dari kemampuan para OEM yang mampu menyediakan smartphone mumpuni tetapi dengan harga yang terjangkau. Uniknya, harga rata-rata dari smartphone Android yang makin canggih setiap tahunnya justru semakin terjangkau.

Menurut kabar dari PhoneArena, Pada tahun 2010 lalu rata-rata harga smartphone Android berada di kisaran USD 441 atau sekitar Rp 5,2 juta, tetapi  di tahun 2013 harga rata-rata smartphone Android tersebut hanya berada di kisaran USD 276 atau kalau dirupiahkan menjadi Rp 3,2 juta.

Dengan keberhasilan dari para OEM yang memproduksi smartphone pengusung sistem operasi Android dengan harga yang makin terjangkau, tidak heran jika perangkat berbasis Android menjadi raja di pasaran pada saat ini dan berhasil mengalah handset pengusung OS lain seperti Windows phone dan BlackBerry

Android juga telah mengalahkan produk unggulan Apple yakni Iphone.  Kekalahan telak yang dialami handset iPhone dikarenakan selisih antar harga dua handset tersebut yang begitu jauh.

Menurut data terakhir dari IDC, di empat tahun terakhir ini terlihat jelas jika selisih harga dari  smartphone Android dan iPhone semakin melebar. Hal tersebut tentu tidak mengherankan jika dilihat dari harga iPhone 5S yang telah meluncur akhir tahun lalu dengan harga Rp 9 juta dan iPhone 5C dengan harga Rp 7 juta, sedangkan untuk rata-rata harga smartphone Android hanya tiga jutaan.

Perbandingan harga tersebut memang tidak terlepas dari kesan eksklusif yang diterapkan pada handset iPhone oleh pihak Apple dan para produsen Android yang menerapkan smartphone merakyat tetapi telah dibekali spesifikasi dan sarana hiburan yang mumpuni untuk para pengguna.

Dengan selisih harga yang begitu jauh antara keduanya, maka tidak heran jika pangsa pasar iPhone menjadi kalah jauh jika dibandingkan dengan Android yang sukses menguasai 81 persen  pasar smartphone skala global.

Akan tetapi meskii demikian, jika dilihat dari segi keuntungan yang didapatkan perusahaan, maka Apple masih jadi juaranya. Dengan keuntungan yang tinggi dari setiap penjualan smartphone serta jajaran pengguna yang semakin loyal, perusahaan Apple saat ini masih menjadi perusahaan smartphone yang paling menguntungkan di dunia.

Tetapi, mungkinkah nantinya perusahaan Apple akan tergoda untuk ikut menguasai market share pasar global dengan memasarkan produk smartphone dengan harga yang murah di pasaran?

 Best_Android_Apps

About Techno Freak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *