Xperia Z4 Dijual ke Pasar Internasional Sebagai Xperia Z3+

By on May 30, 2015
3. Xperia Z4 Dijual ke Pasar Internasional Sebagai Xperia Z3+ 1

Sony Xperia Z4 adalah perangkat terbaru Sony yang diperuntukkan bagi pasar dalam negeri Jepang. Penerus Xperia Z3 tersebut sebenarnya tak akan dijual ke negara lain, namun entah kenapa beberapa hari yang lalu Sony mengumumkan peluncuran Xperia Z3+ yang tak lain adalah Xperia Z4 yang diubah namanya untuk pasar global. Tak ada alasan yang dikemukakan oleh Sony terkait dengan perubahan nama dari Xperia Z4 menjadi Xperia Z3+.

Namun oleh beberapa pengamat dan juga media, tindakan Sony tersebut mendapatkan apresiasi. Mereka berpendapat bahwa memang sebaiknya namanya menjadi Sony Xperia Z3+ karena Xperia Z4 hanya membawa sedikit sekali perubahan. Jadi bisa dibilang Xperia Z3+ adalah versi upgrade dari Z3. Jika vendor lain senang dengan menelurkan versi downgrade, maka Sony menelurkan versi upgrade.

Memang dari tampak luar saja sudah ketahuan bahwa Xperia Z4 atau Z3+ tidak berbeda sama sekali dengan Xperia Z3 biasa. Namun begitu dibandingkan satu sama lain, ada sedikit perbedaan yang tak akan kentara jika tidak diperhatikan serius, yaitu letak port micro USB. P..dan tak dilindungi oleh penutup atau cover yang melindungi port dari debu dan kelembapan. Namun walaupun begitu Sony mengatakan bahwa Xperia Z3+ tetap mengantongi sertifikasi IP65/68, yaitu sertifikasi lolos uji tahan debu dan tahan air dengan level yang sama seperti Xperia Z3 original.

Perbedaan yang cukup membuat Sony memberi nama Xperia Z4 pada perangkat ini adalah prosesornya. Memang diakui bahwa Xperia Z4/Z3+ membawa prosesor yang lebih baik dari pendahulunya. Jika dulu Xperia Z3 dibekali dengan chipset Snapdragon 801 buatan qualcomm, maka Xperia Z3+ dibekali dengan Snapdragon terbaru, yaitu snapdragon 810 64-bit octa core prosesor yang dipadukan dengan RAM 3GB. Dengan spesifikasi ini tentu saja Xperia Z3+ mendapatkan kinerja yang jauh lebih tangguh dan lebih cepat dari pendahulunya.

Perbedaan berikutnya adalah pada bagian kamera. Pada kamera depan Xperia Z3+ dibekali dengan kamera 5MP padahal versi aslinya hanya mempergunakan kamera 2MP. Pada kamera utama masih mempergunakan lensa yang sama yaitu 20,7MP. Sisi baterai juga mendapatkan sedikit perubahan. Xperia Z3+ mempunyai baterai dengan ukuran yang sedikit lebih kecil, baik ukuran maupun kapasitas dayanya. Daya baterai berubah dari 3.100mAh menjadi 2.900 mAh. Dan karena ukuranya yang menjadi lebih kecil, maka ketebalan Z3+ juga sedikit menipis, dari 73mm menjadi 69mm.

Belum ada kabar kapan perangkat Xperia Z3+ besutan Sony ini akan mampir ke Indonesia, begitu pula dengan perkiraan harganya. Namun menurut rumor, Sony Xperia Z3+ akan hadir di Indonesia di akhir semester pertama tahun ini juga, kita tunggu saja kehadirannya.

Xperia Z3+

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *