Xiaomi Mencuat Menjadi Nomor Dua Produsen Wearable Device Dunia

By on June 5, 2015
3. Xiaomi Mencuat Menjadi Nomor Dua Produsen Wearable Device Dunia 1

Xiaomi tak hentinya membuat kejutan dengan berbagai produk buatannya yang selalu mempunyai spesifikasi tinggi namun dijual dengan harga yang sangat terjangkau. Tak hanya itu Xiaomi kini kembali menjadi perbincangan setelah perusahaan asal Tiongkok ini berhasil menggeser dominasi Samsung dan juga Lenovo di negara asalnya. Saat ini penjualan perangkat Xiaomi jauh lebih banyak dari jumlah penjualan Samsung dan juga Lenovo.

Namun walau sudah mengalahkan penjualan raksasa Korea Selatan dan juga Lenovo di tanah airnya, Xiaomi belum bisa mengalahkan dominasi Samsung dan juga Apple di pasar dunia karena pasar Xiaomi baru terbatas di pasar Asia saja. Namun belakangan ini tersiar kabar bahwa Xiaomi berhasil menjadi pesaing Samsung dan juga Apple dengan mengalahkan kedua produsen kelas kakap tersebut dalam hal penjualan wearable device.

Xiaomi dilaporkan menduduki perangkat kedua sebagai vendor wearable device terbesar di dunia. Data yang dirilis oleh International Data Corporation IDC tersebut lebih lanjut menyebutkan jika Xiaomi mempunyai pangsa pasar wearable device sebesar 24,6% pada kuartal pertama tahun 2015. Sementara posisi puncak dihuni oleh FitBit yang menguasai sekitar 32,4% pasar dunia. Hal tersebut membuat Xiaomi melampaui Samsung dan Apple dalam hal penjualan wearable device.

Kesuksesan Xiaomi ini tak lepas dari kepopuleran Mi Band yang saat ini sudah mulai dijual di Eropa dan Amerika. Perangkat wearbale buatan Xiaomi tersebut berbentuk sangat sederhana namun menarik. Kemampuan yang ditawarkanya juga cukup beragam, mulai dari aplikasi fitnes, tracking, GPS, dan juga fitur-fitur lain yang bisa dipergunakan ketika dihubungkan dengan sebuah perangkat smartphone terkini. Selain itu harga wearable Xiaomi juga sangat terjangkau sehingga menambah daya tariknya.

Kesuksesan Xiaomi tak hanya wearable device. Perusahaan asal Tiongkok ini juga pernah dinobatkan menjadi vendor smartphone terbesar ketiga pada kuartal ketiga tahun 2014. Pada saat itu penjualan Xiaomi meningkat super drastis yang disebabkan oleh laris manisnya perangkat Xiaomi Mi 4 yang dibekali dengan fitur high technology namun dijual dengan harga yang super murah. Pada saat itu Xiaomi hanya kalah dari Samsung yang menduduki peringkat pertama dan disusul oleh Apple pada peringkat kedua, sementara LG dan juga Lenovo bersaing ketat pada posisi empat.

Di  tahun ini posisi Xiaomi diprediksi akan memuncak lagi karena perusahaan Tiongkok ini kembali meluncurkan beberapa seri smartphone high end mereka. Salah satu yang diluncurkan adalah Xiaomi Mi 4i yang merupakan penerus Xiaomi Mi yang sangat laris tahun lalu. Bahkan di Indonesia, peluncuran perangkat tersebut langsung dilakukan oleh Hugo Barra yang pada kesempatan itu memamerkan kehebatan dan teknologi yang dibawa Mi 4i langsung pada awak media. Tak ayal, Mi 4i langsung laris terjual di pasaran, bahkan penjualan perdana perangkat ini ludes hanya dalam waktu 11 menit saja.

Wearable Device

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *