Update Android KitKat 4.4 dari Cyanogenmod

By on November 12, 2013
3. Update Android KitKat 4.4 dari Cyanogenmod 2

Google sudah meluncurkan android versi terbarunya yaitu android Kitkat 4.4 yang peluncuranya dibarengi dengan peluncuran Nexus 5. Ada banyak fitur-fitur serta kelebihan android KitKat dibandingkan dengan para pendahulunya. Yang jelas kini fitur android KitKat lebih memanjakan para penguna gadget dengan fitur voice commandnya dan fitur watermark menunya. Belum lagi fitur full screen terbaru yang membuat pemilik gadget dengan android KitKat bermain game tanpa diganggu tombol-tombol yang ada.

Namun ternyata kecanggihan android KitKat terbaru ini kurang memuaskan para penggila ROM seperti Cyanogenmod dan mereka membuat update untuk android KitKat hanya sehari setelah android terbaru ini diluncurkan. Sebagai contoh, tim Paranoid Android telah mengupload AOSP untuk android KitKat ini sehari setelah KitKat diluncurkan. Itu belum seberapa karena msih banyak tim-tim underground yang ingin sekali mengoprek android terbaru ini untuk memunculkan fitur-fitur yang lebih baik.

Bahkan minggu ini ada sekitar empat grup penggila ROM yang paling produktif yang sedang berdiskusi dan membagikan ide-ide mereka berkaitan dengan android KitKat 4.4 terbaru ini. Mereka adalah CynogenMod, Android Open Kang Project, Paranoid Android, dan Omni ROM. Keempatnya adalah tim-tim yang sangat solid untuk memodifikasi android KitKat untuk memunculkan hal-hal baru darinya.

 

Yang pertama adalah CyanogenMod. Tim ini sedang merencanakan untuk mengaplikasikan fitur CM pada android KitKat versi 4.4 terbaru. Dengan cepat mereka mengambil dan membongkar gadget-gadget seperti Nexus dan HTC One untuk dipasangi android KitKat terbaru. Tim ini berusaha agar gadget-gadget dengan teknologi sebelumnya juga bisa mempergunakan android KitKat terbaru. Namun fokus tim ini masih pada Nexus dan HTC One yang memang produk utama Google.

Sementara itu AOKP atau Android Open Kang Project tidak menyebutkan secara specifik apa yang akan mereka lakukan dengan android versi KitKat 4.4 namun diketahui bahwa tim ini dibagi menjadi dua bagian. Grup pertama bekerja untuk menstabilkan kinerja android 4.3 dan grup kedua bekerja membangun AOSP 4.4 dari nol.  Dengan demikian maka AOKP akan meluncurkan banyak sekali fitur-fitur ROM yang akan dirilis ke publik. AOKP fokus pada gadget-gadget sekelas Nexus 5 dan gadget-gadget kelas atas yang lain.

Grup Paranoid Android juga turut serta dalam pembuatan fitur-fitur yang didasarkan pada android KitKat 4.4. Mereka adalah tim pertama yang mendapatkan AOSP versi 4.4 yang bekerja sepenuhnya.  Mereka membuat fitur ROM khusus untuk Nexus dan menambahkan beberapa fungsi secara bertahap. Namun dikabarkan juga mereka mulai memperhatikan gadget selain Nexus untuk dioprek.

Sementara itu Omni ROM tetap fokus pada Multi Window UI. Dengan android KitKat terbaru mereka menyediakan dukungan untuk Universal Installer, OTA Updates, dan beberapa fitur keamanan android. Mereka merilis info bahwa ROM yang akan mereka rilis ROM untuk LG Optimus G, OPPO Find 5, dan Nexus.

 3. Update Android KitKat 4.4 dari Cyanogenmod 3

About

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *