Tips Memilih Smartphone Berdasarkan Sistem Operasi

By on April 26, 2016
2. Tips Memilih Smartphone Berdasarkan Sistem Operasi1

Tentu akan selalu muncul pertanyaan di benak setiap orang sebelum memutuskan untuk membeli sebuah ponsel pintar mulai dari segi desain, spesifikasi, hingga budget yang tersedia. Tidak kalah penting, pertanyaan biasanya akan lebih sering muncul untuk mereka yang masuk dalam kategori pengguna entry level atau pemula.

Apalagi mengenai sistem operasi atau OS yang diinginkan seperti Android, iOS, Blackberry, atau Windows Phone. Oleh sebab itu, berikut ini adalah ulasan singkat tips untuk memilih sistem operasi smartphone sesuai dengan karakter Anda seperti dilansir dari laman Digital Trends.

iOS 8

Sistem operasi milik Apple ini hadir dengan tema dan user interface yang selalu sama pada setiap seri produk mereka. Walaupun tidak dapat diutak-atik, iOs menawarkan keunggulan di bagian ekosistem aplikasinya. Tidak hanya itu saja, Apple juga menawarkan desain yang elegan di setiap perangkat buatannya.

Oleh sebab itu, produk buatan Apple sebenarnya lebih mengedepankan kualitas dan status sosial. Pasalnya orang – orang yang memilih membeli produk buatan Apple lebih rela membayar dengan harga lebih mahal.

Android

Smartphone

Salah satu kelebihan yang sudah tidak diragukan lagi oleh para pengguna sistem operasi ini adalah kemudahannya untuk memungkinkan pengguna mengutak – atik ‘jeroan’ smartphone mereka. Sistem operasi yang dibuat oleh Google ini memungkinkan pengguna untuk mengkostumisasi perangkat ponsel pintar sesuai dengan keinginan mulai dari tema, font atau jenis huruf hingga launcher.

Tetapi berbicara mengenai privasi dan segi keamanan, resiko Android cenderung lebih tinggi karena aplikasi yang ditawarkan di Android sebagian besar merupakan aplikasi gratis. Walaupun demikian, sistem operasi ini sangat cocok untuk Anda yang menyukai teknologi.

Windows Phone

Smartphone

Memang sistem operasi Windows besutan Microsoft ini tingkat kepopulerannya masih kalah jika dibandingkan dengan Android dan iOs. Tetapi Windowns Phone sebenarnya juga patut untuk menjadi bahan pertimbangkan Anda. Mengapa?

Microsoft selalu mengutamakan segi keamanan dan integrase berbagai layanan pada perangkat berbasis Windows sehingga memungkinkan para pengguna untuk mengakses sesuatu secara lebih cepat.

Sistem operasi milik Microsoft ini hadir dengan user interface yang didesain kotak – kotak nan ikonik. Para pengguna Windows Phone bahkan disebut mempunyai karakter yang lebih mandiri dibandingkan pengguna iPhone, lebih ‘fun’ dibandingkan Blackberry, namun kurang toleransi terhadap perubahan dibandingkan pengguna Android.

Blackberry

Blackberry dapat dikatakan tidak lagi sepopuler beberapa tahun silam. Tetapi apakah Anda tahu bahwa Blackberry menjadi populer karena teknologi keamanan yang terintegrasi pada smartphone buatannya? Fitur push email milik Blackberry sampai saat ini juga masih belum ada yang dapat menandingi.

Ponsel buatan vendor asal Kanada ini sangat cocok untuk para pekerja kantoran yang identik dengan keyboard QWERTY. Tetapi sayang, tidak banyak aplikasi dikembangkan untuk perangkat Blackberry. Oleh sebab itu tidak heran jika Blackberry lebih sering dimanfaatkan untuk kepentingan pekerjaan daripada hiburan.

About Melisa

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *